Agak tak Cemas Saat Anak Bersama Pengasuh [teenenthusiasm]

Agak tak Cemas Saat Anak Bersama Pengasuh

PinkKorset.com – Menitipkan pengasuhan anak secara sementara kepada baby sitter memang tak mudah membuat beberapa perempuan cemas. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Seorang ibu umumnya merasa tak tenang jika harus menitipkan anak pada orang asing, meski sudah berstatus sebagai baby sitter resmi. Apalagi, belakangan ini banyak berita buruk mengenai tindak kriminal seputar hal tersebut.

Banyak yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Mulai dari selektif memilih baby sitter hingga memantaunya sesering mungkin dan beberapa hal berikut ini.

Kenalkan Rumah pada Baby Sitter

Ini penting, terutama bagi baby sitter baru. Gunanya, agar ia bisa cepat memenuhi kebutuhan anak karena sudah familiar dengan letak barang-barang penting di rumah. Anak pun nyaman dan tidak rewel karena kebutuhannya dipenuhi dengan cepat. Tak ada salahnya Anda memantau sendiri cara baby sitter bekerja selama beberapa hari pertama.

Jadwal Rinci

Sebagai ibu, Anda tentu orang yang paling mengetahui jadwal rutin buah hati. Pastikan tak ada yang terlewat dengan membuatkan jadwal bagi si baby sitter. Tulis kegiatan yang harus ia lakukan dan gantung di sebuah sudut rumah atau di kamar bayi. Dengan begini, si baby sitter akan terarah dengan baik.

Kenalkan Pada Tetangga

Mengerikan bukan, saat membaca atau menyaksikan berita penculikan dan tindak kejahatan terhadap anak oleh pengasuh atau baby sitter? Cegahlah hal ini dengan mengenalkan si baby sitter kepada tetangga sekitar rumah. Jika Anda tak di rumah, otomatis si tetangga akan memperhatikan gerak-geriknya.

Informasi Darurat

Tinggalkan beberapa nomor telepon yang bisa dihubungi, selain nomor Anda. Mulai dari keluarga dekat hingga kerabat atau teman. Ini berguna jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti si kecil demam atau mendadak kejang-kejang, ia bisa segera ditangani tanpa harus sepenuhnya bergantung pada Anda atau suami.

Rutin Memeriksa

Meninggalkan anak di rumah bersama baby sitter bukan berarti Anda lepas tangan dan tanggung jawab. Hubungi rumah dalam jangka waktu tertentu untuk memastikan semuanya baik-baik saja. Cara ini cukup ampuh mengurangi kekhawatiran Anda dan pasangan, sedikit demi sedikit. Toh, tak ada salahnya selalu mengkhawatirkan anak.