Agustus, Uang Baru NKRI Beredar [google]

Agustus, Uang Baru NKRI Beredar

PinkKorset.com, Batam – Indonesia akan punya uang baru yang diterbitkan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2014 mendatang.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas menyatakan uang baru ini akan dluncurkan pada peringatan Hari Kemerdekaan RI. “Tanggal 17 Agustus, uang baru tersebut akan diperkenalkan dan sudah masuk di mesin anjungan tunai mandiri (ATM),” katanya di Batam, Kamis (19/6/2014).

Kendati memiliki pecahan mata uang yang sama seperti uang rupiah yang sekarang beredar dan tetap memiliki gambar pahlawan, belum diketahui nominal pecahan uang baru tersebut dan jumlah yang diedarkan ke masyarakat. “Saya belum bisa menyebutkan itu, tunggu saja nanti,” tuturnya.

Yang jelas, memang ada beberapa perubahan dalam uang baru tersebut. Salah satunya tulisan yang tertera dalam uang baru itu tidak lagi ‘Bank Indonesia’, melainkan ‘Negara Kesatuan Republik Indonesia’.

Selain itu, uang NKRI itu akan ditandatangani Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan, sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Mata Uang.  Berbeda dengan uang yang sekarang ditandatangani oleh Gubernur dan Deputi Gubernur BI.

Uang baru NKRI ini juga diklaim lebih susah dipalsukan.

Adapun, jumlah uang yang beredar saat ini sekitar Rp 460 triliun, atau turun dibanding akhir tahun lalu yang mencapai Rp 500 triliun. Menjelang Lebaran, jumlah uang yang beredar akan naik kembali menjadi sekitar Rp 500 triliun.