Perlukah Satukan Rekening dengan Pasangan? Foto: dailyfinance

Perlukah Satukan Rekening dengan Pasangan?

PinkKorset.com, Jakarta – Menikah dan menyatukan rekening bank, masih dianggap dua persoalan berbeda dalam rumah tangga.

Ya. Keuangan memang masih menjadi topik pribadi yang terlalu sensitif untuk diungkap, meskipun terhadap pasangan sendiri. Terutama karena kekhawatiran tentang cara pengaturan dan alokasi uang yang tidak disetujui pasangan.

Ketimbang menimbulkan percecokan di kemudian hari, banyak pasangan yang kemudian memilih untuk memiliki rekening tabungan terpisah.

Padahal, menurut sebuah riset, pasangan dengan tabungan terpisah ternyata memiliki kecenderungan mengalami kehidupan pernikahan yang buruk. Hal ini terkait relasi dan kepercayaan yang dibentuk dalam hubungan dalam sebuah rumah tangga.

Dengan memiliki rekening tabungan terpisah, Anda berdua dianggap belum total dalam membangun rumah tangga.

Sebenarnya, apa sih manfaat tabungan Anda dan suami disatukan?

Pernikahan adalah sebuah tim

Konsep pernikahan adalah menyatukan dua orang dalam satu biduk rumah tangga. Ini artinya, kehidupan lajang yang biasanya hanya mempertimbangkan kepentingan pribadi, harus diubah. Seperti halnya perencanaan keuangan yang sebaiknya mempertimbangkan kebutuhan tidak saja Anda, tapi juga pasangan.

Ada baiknya Anda berdua duduk bersama untuk membicarakan anggaran bulanan, baik cara pengaturan dan alokasinya.

Selain itu Anda juga bisa merundingkan bentuk investasi yang dipilih untuk menunjang rencana di masa depan. Dengan merancang keuangan bersama, tanggung jawab untuk melaksanakannya ada di pundak Anda berdua.

Saling mendukung dan mengingatkan

Gunanya partner adalah untuk mendukung dan mengingatkan. Jika Anda memiliki tabungan sendiri, biasanya uang akan habis untuk membeli keperluan anak. Penelitian menunjukkan, hampir 78% uang para istri dibelanjakan untuk kebutuhan anak-anak. Sementara para laki-laki akan sering menggunakan uangnya untuk hobi dan urusan mobil.

Dalam hal keuangan, rekening yang disatukan membuat Anda bisa mengingatkan pasangan bila ada penggunaan dana yang tidak sesuai bujet. Demikian sebaliknya. Selain bisa lebih terarah dan terencana, perselisihan terkait uang pun tidak terjadi dalam rumah tangga Anda.

Meningkatkan kepercayaan

Biasanya pasangan menikah yang memisahkan keuangan menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki komitmen yang baik dalam sebuah hubungan.

Rasa kurang percaya pada kemampuan pasangan dalam menyimpan uang sering menjadi alasan mengapa suami atau istri memiliki rekening tabungan sendiri-sendiri. Privasi memang harus ada dalam pernikahan, tetapi tidak untuk masalah keuangan.

Mengawali pernikahan dengan keterbukaan akan menimbulkan rasa percaya dan saling menghargai. Apa artinya pernikahan, jika Anda dan suami tidak bisa saling percaya, bukan?