Ambisi RI Jadi Kiblat Fesyen Muslim [liberaliser]

Ambisi RI Jadi Kiblat Fesyen Muslim

PinkKorset.com – Sebagai negara dengan penduduk Islam terbanyak dunia, tak mengherankan jika Indonesia berambisi jadi kiblat fesyen muslim.

Ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional di Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak, beberapa waktu lalu. Menurutnya, fesyen muslim berpotensi bagus dalam industri mode di Tanah Air.

“Saya rasa kita sudah bisa bergerak ke fesyen muslim, ke beberapa negara-negara Arab dan Afrika. Saya rasa itu jadi potensi yang cukup bagus untuk industri fesyen kita,” ujarnya ketika itu.

Alasan Nus menganggap fesyen muslim Indonesia memiliki potensi disebabkan pertumbuhannya yang mencapai 19% dari 2008 hingga 2013.

“Potensi ini bisa dikembangkan terus menerus. Saya kira ini harus kita garap dengan serius,” katanya.

Saat ini, kata Nus, pasar fesyen muslim di dalam negeri lebih besar ketimbang luar negeri. Tentunya ini karena mayoritas penduduk muslim.

Ia optimis, dalam dua atau tiga tahun ke depan, Indonesia bisa menjadi kiblat muslim wear. Untuk mewujudkannya, Kementerian Perdagangan pun mendatangkan buyer dari luar negeri.

“Kita punya Indonesia Trend Promotion Office di 19 negara, juga aliansi perdagangan. Kami akan mengerahkan mereka untuk membawa buter potensial,” lanjutnya.