Android Terus Lebarkan Sayap Foto: ST

Android Terus Lebarkan Sayap

PinkKorset.com, San Francisco – Sukses menguasai dunia ponsel tak membuat Android puas. Mau ke mana lagi?

Google, pemilik Android, mengumumkan akan membawa sistem operasi itu ke platform selain smartphone. Lebih tepatnya ke alat-alat yang bisa dipakai di tubuh Anda (wearable device).

Ya, Anda tak salah baca. Sebentar lagi Android bakal bisa Anda gunakan di jam tangan alias smartwatches yang merupakan fase pertama dari platform Android Wear.

“Kami masih meraba di permukaan untuk kemungkinan mengembangkan teknologi mobile,” ujar CEO Google Android, Sundar Pichai, dalam postingan blog-nya.

Android, kata Pichai, amat tertarik menggarap pasar barang-barang wearable. Menurutnya, wearable merupakan sesuatu yang mengerti konteks sekeliling Anda serta berinteraksi dengan mudah dan efisien.

“Hanya dengan telengan kepala atau sebuah kata,” lanjutnya. Kabar ini datang di tengah berkembangnya dunia elektronik wearable yang bisa dihubungkan dengan smartphone.

Beberapa pengembang kecil sudah meluncurkan smartwatches mereka. Namun salah satu yang menonjol dari pengembang besar adalah livewear yang sempat dikeluarkan Xperia untuk diintegrasikan ke smartphone tertentu mereka.