Antisipasi Liburan, KAI Tambah Ribuan Unit Kereta Api [wikimedia]

Antisipasi Liburan, KAI Tambah Ribuan Unit Kereta Api

PinkKorset.com, Jakarta –┬áPT Kereta Api Indonesia akan mengoperasikan 1.516 unit kereta untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama musim liburan Natal dan Tahun Baru 2015.

Direktur KAI Edi Sukmoro mengatakan, 1.516 kereta tersebut terdiri dari 1.364 stamformasi dan 152 kereta cadangan. Sementara itu, untuk unit lokomotif, pihaknya mengoperasikan 371 lokomotif dinas dan 40 lokomotif cadangan.

“Semua disiagakan untuk mendukung kelancaran operasional KA pada masa liburan akhir tahun ini,” katanya dalam konferensi pers di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Untuk mengantisipasi musim hujan, pihaknya juga menyiagakan alat material untuk siaga (AMUS) di titik-titik yang dianggap rawan.

Penjagaan intensif di daerah-daerah, seperti jalur selatan karena kontur tanahnya yang rapuh, dilakukan dengan menerjunkan petugas-petugas pemeriksa jalan (PPJ) ekstra untuk menjaga daerah-daerah tersebut selama 24 jam. “Keselamatan harus jadi yang utama,” katanya.

Untuk itu, pihaknya telah menginspeksi seluruh lintas, dari Gambir-Cirebon-Semarangtawang-Surabayapasarturi-Surabayagubeng-Jember-Mojokerto-Madiun-Yogyakarta-Kroya-Bandung.

Sementara untuk aspek pelayanan, pihaknya menjamin akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang, mulai dari loket di stasiun, “customer service”, ruang tunggu, kebersihan stasiun, toilet dan sebagainya. “Semua fasilitas yang ada di stasiun maupun di kereta harus berfungsi dengan baik,” katanya.

Untuk ketersediaan tiket, Edi mengatakan sebagian besar sudah dipesan, terutama untuk tanggal-tanggal favorit, antara 24-28 Desember 2014.

Dia menyarankan kepada penumpang untuk mengecek ketersediaan tempat duduk melalui website http://tiket.kereta-api.co.id atau menghubungi “contact center” 121.