Asupan Alami Pembangkit Energi [updatedtrends]

Asupan Alami Pembangkit Energi

Pinkkorset.com – Tubuh terasa lelah dan tak bertenaga akibat aktivitas tertentu? Jika ya, ganti energi tubuh yang hilang dengan makanan sehat alami.

Saat lelah dan kehilangan tenaga, tubuh membutuhkan asupan energi. Tak hanya kafein, beberapa asupan alami juga bisa melakukannya, tergantung kondisi kelelahan apa yang tengah Anda alami seperti berikut ini.

Makan Terlalu Kenyang

Sering merasa begah dan tak bertenaga setelah makan malam? Itu pertanda tubuh Anda mendapat terlalu banyak asupan makanan. Menurut Rachel Begun, juru bicara Akademi Nutrisi dan Dietetika, ini karena tubuh berkonsentrasi mencerna.

Solusinya, hindari konsumsi karbohidrat di malam hari dan ganti dengan protein seperti ikan tuna panggang dengan sepiring bayam. Tubuh tidak lagi perlu bekerja keras mencerna dan membuat Anda menjadi kurang produktif.

Sindrom Jet Lag

Anda baru pulang bepergian dan mengalami jet lag? Tak perlu khawatir, kacang kenari atau asam ceri kering akan membantu mengatasinya. Kedua jenis makanan tersebut merupakan sumber melatonin yang mengatur jam tidur Anda.

Setelah Olah Raga

Tubuh banyak mengeluarkan cairan saat olah raga, membuatnya dehidrasi dan kelelahan. Atasi dengan banyak air putih dan teh herbal sepanjang hari agar terus terhidrasi. Bisa pula konsumsi buah yang banyak mengandung air seperti semangka.

Perjalanan Panjang

Konsumsi kafein untuk mengembalikan tenaga yang hilang karena perjalanan panjang, boleh-boleh saja. Menurut penelitian, kafein terbukti efektif untuk membuat Anda tetap terjaga dan terhindar dari rasa ngantuk.

Penelitian Annal of Internal Medicine menemukan, konsumsi kafein 200 mg dapat mencegah kantuk yang menyerang saat mengemudikan mobil di siang hari. Hasil penelitian British Medical Journal baru-baru ini menunjukkan, pengemudi truk jarak jauh yang mengonsumsi kafein terhindar dari resiko kecelakaan 63% dibanding pengemudi yang tidak mengonsumsi kafein.