Atasi Grogi Saat Wawancara Kerja [smallbusiness.foxbusiness]

Atasi Grogi Saat Wawancara Kerja

PinkKorset.com – Siapa yang tak pernah grogi saat hendak melakukan wawancara kerja?

Untuk menyiasatinya, Anda mungkin perlu mengikuti beberapa saran yang diberikan seorang pakar karir di Linkedln berikut ini.

Perhatikan dan Perbaiki Data Diri di Internet

Sering menulis status menghujat atau mengeluh di jejaring sosial? Hati-hati, HRD perusahaan tempat Anda melamar atau para Job Seeker ‘mengintai’ wilayah yang satu ini untuk mengetahui bagaimana kepribadian Anda.

Ini sesuai yang diungkapkan Nicole William, pakar karir di Linkedln sekaligus penulis buku Wildly Sophitiscated: A Bold New Attitude for Career Success. “Sebelum datang, orang kemungkinan telah memiliki pendapat mengenai siapa Anda.”

Oleh sebab itu, selalu pertimbangkan dan perhatikan hal apa saja yang patut untuk diunggah dan dibaca oleh orang lain, ketimbang mengedepankan emosi.

Kenali Seluk Beluk Tempat yang Anda Tuju

Tak cukup sekadar persiapan mental, Anda juga perlu menyiapkan informasi mengenai perusahaan yang dituju serta orang-orang yang akan mewawancarai. Menurut Williams, ini bisa menjadi strategi kemenangan.

Selain itu, Wlliam menyarankan Anda membuat pertanyaan pintar dan catatan informasi tambahan mengenai orang-orang tersebut yang bisa digunakan ketika berbicara secara personal.

Hindari Bau Badan

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan jurnal PLOS ONE menunjukkan, bau badan membuat Anda dinilai negatif dalam hal kompetensi, keyakinan dan kepercayaan diri.

“Singkirkan keringat yang keluar karena stres sebelum berpakaian,” ujar Williams. Cobalah untuk memilih dan menggunakan deodoran atau parfum yang mampu menahan bau tak sedap akibat keringat.

Pilih Busana yang Sesuai

Pakaian mempengaruhi penampilan di hadapan pewawancara. Sesuaikan gaya berbusana dengan siapa yang akan Anda temui. Jika bertemu CEO, mungkin Anda bisa memilih setelan blazer yang cenderng formil dan rapi.

Sebaliknya, busana santai dan fashionable bisa dikenakan saat bertemu direktur kreatif. Saran lainnya, gunakan aksesoris atau tata rambut sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Dengar dan Perhatikan Gaya Bicara Pewawancara

Tahukah Anda jika secara tak sadar, seseorang akan merasa cocok dengan orang lain yang memiliki kesamaan dengan dirinya? Untuk itu, tak ada salahnya berlatih beberapa gaya bicara orang lain yang bisa Anda ikuti saat melakukan wawancara.

Mengirimkan Ucapan Terima Kasih

Ini opsional. Mengirimkan catatan berisi ucapan terima kasih dan rincian spesifik dari pertemuan tersebut di waktu yang tepat membuat Anda dinilai sebagai orang yang terorganisir, tertarik dengan perusahaan tersebut dan menghargai waktu mereka.