Aturan Pajak Mobil Mewah Segera Terbit Foto: kontan

Aturan Pajak Mobil Mewah Segera Terbit

PinkKorset.com, Jakarta –  Jika Anda memiliki mobil mewah, bersiaplah. Karena pajak mobil mewah akan segera dinaikkan dari 75% menjadi 125%.

Menteri Keuangan Chatib Basri memastikan peraturan kenaikan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil mewah bakal segera terbit. Rencananya pajak mobil mewah akan naik dari 75% sampai 125%.

“Pajak mobil mewah tinggal tunggu administrasi di Kemenkumham, sudah ditandatangani Presiden,” ujarnya, Senin (7/4/2014).

Menurut Chatib, kenaikan pajak ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi kendaraan bermotor mewah, terutama produk impor. Selain memperbaiki kinerja neraca perdagangan dalam jangka panjang dan mendorong produksi barang-barang bermerek di dalam negeri.

Kendaraan bermotor yang terkena kenaikan pajak adalah sedan atau station wagon dan motor bakar cetus api dengan kapasitas 3.000 cc. Adapun mobil dengan motor bakar nyala kompresi yang dikenai pajak adalah yang berkapasitas minimal 2.500 cc.

Tarif PPnBM ditetapkan dalam beberapa kelompok tarif, paling rendah 10% dan paling tinggi 200%. Adapun, kendaraan 2000 cc misalnya Kijang, Inova, Panther, Xenia dan Jazz. Sedangkan kendaraan 3000 cc ke atas misalnya BMW, Peugeot, Alphard, Camry, Audi, dan VW.