Awal Juli, Harga Sayur Naik Cukup Tinggi [pinkkorset/merida]

Awal Juli, Harga Sayur Naik Cukup Tinggi

PinkKorset.com, Jakarta – Belum sepekan memasuki bulan ramadan, beberapa bahan pangan sudah mulai mengalami kenaikan harga.

Suparmo, salah seorang pedagang di Pasar Blok A Fatmawati mengatakan, beberapa harga sayuran saat ini sudah naik. Seperti buncis yang mengalami kenaikan harga dari Rp 12 ribu/kg menjadi Rp 15 ribu/kg.

Sementara seledri menjadi sayuran yang mengalami kenaikan harga cukup tinggi sejak sepuluh hari belakangan. “Seledri mengalami kenaikan harga luar biasa dari Rp 15 ribu/kg menjadi sekitar Rp 23 ribu atau Rp 24 ribu, karena pasokannya sedikit,” ujarnya saat ditemui PinkKorset, Rabu (2/7).

Harga cabai juga naik sekitar Rp 3 ribu perkilogramnya. Panuti, pedagang di lokasi yang sama mengaku kenaikan ini sudah terjadi cukup lama.

Misalkan saja cabai keriting yang naik dari Rp 15 ribu/kg menjadi Rp 16 ribu/kg, cabai merah besar naik dari Rp 16 ribu/kg menjadi Rp 20 ribu/kg dan cabai rawit merah naik dari Rp 18 ribu/kg menjadi Rp 20 ribu/kg.

Selain gula merah yang naik dari Rp 14 ribu/kg menjadi Rp 16 ribu/kg, harga bawang yang ikut naik, bahkan hingga enam ribu rupiah. “Harga bawang merah sekarang naik dari biasanya Rp 18 ribu/kg menjadi Rp 25 ribu/kg. Kalau bawang putih naik Rp 2 ribu rupiah, sekarang harganya Rp 14 ribu/kg,” ucapnya.

Harga ayam bervariasi

Awal Juli, Harga Sayur Naik Cukup Tinggi

[pinkkorset/merida]

Harga ayam perkilogram di pasar ini cukup bervariasi, mulai dari Rp 26.500 hingga Rp 35 ribu, setelah sebelumnya mengalami kenaikan cukup tinggi.

Sri, salah seorang pedagang ayam menuturkan, beberapa pedagang memutuskan menurunkan harga untuk menarik para pembeli yang sempat ‘kabur’ akibat tingginya harga daging ayam. “Kemarin naik, terus sekarang diturunkan karena nggak laku pas harganya naik,” ucapnya.

Untuk telur ayam mengalami kenaikan dua ribu rupiah, sehingga harganya mencapai Rp 20 ribu/kg. Sedangkan daging sapi, saat ini belum ada kenaikan harga perkilogramnya.

Kenaikan harga sayur serta bahan pangan pokok lainnya pada bulan ramadan nampaknya menjadi hal lumrah terjadi setiap tahun, terutama menjelang hari raya Idul Fitri.

Namun Suparmo mengatakan, harga bahan pangan biasanya akan mengalami penurunan pada pertengahan bulan ramadan dan kembali melonjak tinggi menjelang hari raya Idul Fitri. “Di pertengahan bulan puasa, biasanya harga sayur dan bahan makanan lainnya akan mengalami sedikit penurunan namun itu hanya sementara, nanti menjelang lebaran, harganya melonjak naik,” tuturnya.