Babi dari AS Dilarang Masuk Tiongkok [google]

Babi dari AS Dilarang Masuk Tiongkok

PinkKorset.com – Tiongkok melarang adanya impor daging babi dari beberapa tempat di Amerika Serikat. Ada apa?

Kementerian Pertanian Amerika Serikat mengatakan, Tiongkok melarang impor daging babi dari enam tempat pemrosesan dan enam fasilitas gudang pendingin di Amerika, berlaku mulai Rabu (13/8/2014).

Larangan ini dikeluarkan karena penggunaan zat tambahan dalam makanan babi yang mendorong pertumbuhan otot babi.

Tiongkok mengharuskan verifikasi oleh pihak ketiga bahwa daging babi yang dikirim ke negaranya bebas bahan kimia ractopamine. Adapun bahan kimia ini biasanya dijual ke peternakan babi dengan nama ‘Paylean’.

Kemasan daging babi dari beberapa pabrik di Amerika saat ini dinilai tidak memenuhi syarat untuk diekspor ke Tiongkok, termasuk pabrik Tyson Foods di Perry dan Storm Lake, Iowa serta fasilitas perusahaan tersebut di Logansport, Indiana.

Beberapa pabrik pemrosesan daging babi yang terkena larangan itu termasuk pabrik Hormel Foods Corp di Fremont, Nebraska, lalu Triumph Foods di St. Joseph, Missouri dan Quality Pork Processors Inc di Austin,  Minnesota.

Pihak Tyson, Hormel dan Triumph sejauh ini belum memberi komentar.

Menurut Global Trade Atlas, ekspor daging babi Amerika ke Tiongkok pada 2013 mencapai 312.138 ton atau senilai US$645,3 juta. Sedangkan ekspor daging babi Amerika ke seluruh dunia pada 2013 mencapai 7,5 juta ton atau US$20,4 miliar.