Bahaya Daging Bakar Bagi Kesehatan [google]

Bahaya Daging Bakar Bagi Kesehatan

PinkKorset.com – Anda penggemar ayam atau daging bakar? Hati-hati dengan dampak buruknya. Berikut solusi mengurangi efek negatif tersebut.

Bukan rahasia bahwa daging bakar mengandung senyawa beracun Advanced Glycation End products (AGEs). AGEs adalah hasil rantai reaksi kimiaglikasi yang terjadi saat protein alami dan gula di dalam daging berinteraksi saat terkena panas.

Senyawa beracun ini dapat mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan. Mulai alzheimer, penyakit jantung, diabetes tipe 2, gangguan ginjal dan lain-lain, seperti yang ditunjukkan hasil penelitian Mount Sinai School of Medicine.

Menurut United States Department of Health and Human Service, kandungan Heterocyclic Amines (HCAs) dan Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs) pada lapisan luar daging yang dibakar dapat menimbulkan kanker.

Namun, ini bukan berarti Anda tak boleh mengonsumsi ayam atau daging bakar. Anda hanya perlu mengurangi intensitas untuk mengonsumsi makanan tersebut dan memasaknya dengan cara yang benar.

Tips mudah saat membakar daging, buang lemaknya terlebih dahulu dan potong dengan ukuran tipis agar tak membutuhkan waktu terlalu lama untuk membakarnya.

Anda juga disarankan untuk merendam daging dalam air cuka atau lemon, ini berguna untuk menjaga daging agar tetap lembab dan mencegahnya terbakar.

Saat membakar, daging jangan diletakkan di atas api secara langsung. Cukup singkirkan arang di salah satu sisi panggangan dan masak daging tersebut di sisi lainnya.

Agar cairan dalam daging tak menetes ke bara panas atau api, gunakan penjepit daging ketimbang garpu saat membalik daging saat dibakar.