Bandara Halim Perdanakusuma Resmi Beroperasi Foto: berbagai sumber

Bandara Halim Perdanakusuma Resmi Beroperasi

PinkKorset.com, Jakarta – Bandar Udara Halim Perdanakusuma akhirnya resmi beroperasi untuk penerbangan domestik.

Peresmian dilakukan oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susanto didampingi Direktur Operasi Kebandarudaraan PT Angkasa Pura II Endang Sumiarsa dan Kepala Dinas Landasan Udara Halim Perdanakusuma Mohamad Iman.

Penggunaan Bandara Halim sebagai bandara domestik ini dipelopori oleh PT Citilink Indonesia, yang mendapat jatah 4 rute dengan 16 jam penerbangan setiap harinya. Rute yang akan dilayani Citilink yakni Halim-Yogyakarta (PP), Halim-Semarang (PP), Halim-Malang (PP), dan Halim-Palembang (PP).

Sayangnya, penerbangan perdana hari ini justru harus diawali dengan penundaan. Inagurasi Komersialisasi Bandara Halim ini seharusnya menyambut pendaratan perdana Citilink Airbus 320 yang berangkat dari Yogyakarta pukul 05.55 WIB.

Namun, karena menunggu seremoni peresmian Bandara Halim, pesawat yang dijadwalkan tiba di Halim pukul 07.00 WIB ini, baru mendarat pukul 08.15 WIB.

Sedangkan penerbangan selanjutnya ke Semarang yang semula  dijadwalkan pukul 07.30 WIB, sudah diundur ke 08.35 WIB, namun baru benar-benar terbang pukul 09.15 WIB.

Direktur Utama Citilink Arif Wibowo mengatakan, keterlambatan terpaksa harus terjadi karena ada acara peresmian Bandara Halim. “Namanya masih perawan kan gitu, biasa delay,” ujarnya.

Selama ini Bandara Halim Perdanakusuma tidak melayani pesawat penerbangan komersial. Bandar udara milik TNI AU tersebut hanya digunakan oleh pesawat sewa dengan Air Operator Certificate 135 atau di bawah 35 kursi, militer, VIP, termasuk presiden.