Jelang Lebaran,  Bandara Bakal Penuh Sesak [kompas]

Jelang Lebaran, Bandara Bakal Penuh Sesak

PinkKorset.com, Jakarta – Menjelang lebaran, Jumlah penumpang di beberapa bandara Indonesia diperkirakan akan mengalami peningkatan cukup drastis.

PT Angkasa Pura II (AP II) memprediksi pergerakan jumlah penumpang di 13 bandara akan melonjak 7,3% menjadi 4,21 juta penumpang dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 3,92 juta penumpang.

Dari ke-13 bandara yang dikelola PT AP II, Bandara Soekarno-Hatta. (Soetta) merupakan bandara yang paling sibuk. Penumpang diperkirakan akan mencapai 2,84 juta, atau naik 7,11% dibandingkan 2013 sebesar 2,65 juta penumpang .

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri S.Sunoko mengatakan, pihaknya bersama-sama dengan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) telah berhasil meningkatkan kapasitas penerbangan di landasan pacu bandara Soetta menjadi 74 penerbangan per-jam, dari sebelumnya 64 penerbangan.

“Melalui penambahan kapasitas tersebut, diharapkan penundaan keberangkatan atau keterlambatan kedatangan di bandara tersibuk di indonesia itu bisa berkurang,” ujarnya di Jakarta, Jumat (18/7/2014).

Sementara bandara lain yang diprediksi mengalami peningkatan jumlah penumpang terbanyak pada arus mudik kali ini adalah Bandara Sultan Iskandar Muda-Banda Aceh, dengan lonjakan hingga 10,14% atau 34,64 ribu penumpang dibandingkan 2013 sebesar 31,54 ribu penumpang.

Adapun bandara-bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II yakni Bandara Soekarno Hatta, Tangerang ; Bandara Kualanau, Medan ; Bandara Sultan Syarif Kasim II, Palembang ; Sultan Mahmud Badarudin II, Palembang ; Minangkabau, Padang ; Supadio, Pontianak ; Depati Amir, Pangkal Pinang ; Sultan Thaha, Jambi ; Husein Sastranegara, Bandung ; Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang dan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.