Basarnas: Puing dan Jenasah Air Asia QZ8501 Ditemukan! [BBC]

Basarnas: Puing dan Jenasah Air Asia QZ8501 Ditemukan!

PinkKorset.com – Basarnas memastikan puing-puing dan jenazah yang ditemukan diperairan Pangkalan Bun, berasal dari pesawat Air Asia QZ8501.

Koordinator Basarnas Bambang Soelistyo dalam keterangan persnya mengatakan, Tim SAR akan mencari dan mengevakuasi semua benda atau barang atau dugaan temuan jasad para penumpang untuk dibawa ke Pangkalan Bun.

“Dari temuan-temuan itu maka saya selaku koordinator SAR memastikan 95 persen lokasi yang tergambar di sini adalah lokasi serpihan mau pun benda yang diduga berasal dari pesawat,” ujarnya.

Sementara angka 5% itu belum dinyatakan karena ia belum melihat langsung lokasi. “Sampai detik ini saya belum melihat langsung emergency exit door dan lain lain tetapi melalui komunikasi kepada komandan unsur atas penglihatan komandan unsur di lapangan menyatakan bahwa (benda) itu adalah emergency exit door,”  katanya.

Tim pencari pesawat AirAsia QZ8501 mengatakan mereka melihat serpihan-serpihan mengapung di Laut jawa di lepas pantai Kalimantan, di area pencarian pesawat Airbus A320-200 itu.

Pangkalan Bun merupakan lokasi terdekat dari tempat penemuan.

Pesawat yang membawa 162 penumpang dan awak itu, tinggal landas dari Surabaya pada hari Minggu (28/12) menuju Singapura ketika hilang kontak dengan menara pengatur lalu lintas udara pada pukul 06:20 WIB.

Kronologi dari Basarnas:

13:50 KRI Bung Tomo melihat yang diduga sebagai pintu darurat emergency exit door dari pesawat

Pada pukul 14:00 Kapal KRI Bung Tomo dengan helikopter Dolphin milik Basarnas melaksanakan pencarian untuk meyakinkan sekaligus mengevakuasi serpihan yang diduga berupa emergency exit untuk dibawa ke kapal.

13:25 Pencarian dilakukan untuk meyakinkan semua temuan-temuan itu dan melihat benda mengapung yang diduga slah satu jasad dari penumpang

12:50 pesawat Hercules TNI AU menemukan obyek yang menggambarkan bayangan di dalam laut, seperti di duga bentuk pesawat

11:07 Pesawat hercules angkatan udara c-130 menemukan kembali lempengan logam pada posisi 08 derajat 50 menit 43 south, 110 derajat 29 menit 21 point 8 Timur

10:05 pesawat c295 TNI AU menemukan benda serpihan yang mengapung pada posisi 03 derajat, 46 menit, 50 selatan, 110 derajat 29 menit 27 Timur,\.

Sumber : BBC