2013, Transaksi Belanja Online Capai Rp130 T [danainfo]

2013, Transaksi Belanja Online Capai Rp130 T

PinkKorset.com, Jakarta – Situs belanja online mendulang rejeki berlimpah. Sepanjang 2013 saja,  transaksi via internet mencapai sekitar Rp 130 triliun. Wow!

Pengamat IT Denny Charter mengatakan, pertumbuhan pengguna jasa internet di Indonesia berbanding lurus dengan meningkatnya pola belanja secara online.

Dengan pertumbuhan pasar e-commerce Indonesia yang fantastis, tak heran bila transaksi online mencapai sekitar Rp 130 trilliun pada 2013.

“Belakangan ini, situs belanja online semakin menjamur. Ada yang fokus di properti, atau ada juga yang menjual apa saja atau marketplace online,” ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (14/11/2014).

Meski ada sebagian brand situs e-commerce yang sudah terkenal, namun ada juga yang pemain baru.

Menurutnya, masing-masing situs belanja itu memiliki kekhasan tersendiri, yang merupakan bagian dari strategi pemasaran.

Misalkan situs e-Commerce anyar yang tampil berani dengan menawarkan harga yang lebih murah.

Kemudian ada juga yang mengusung tagline ‘your online shopping paradise’. Situs ini mengklaim akan mengganti uang konsumennya sampai 110%, jika mendapatkan harga yang lebih murah di situs e-commerce lainnya.

Meski bersaing ketat, masing-masing situs belanja online ini bersaing sehat meraih hati konsumen. ”Trust atau kepercayaan pelanggan akan menjadi hal penting. Itu adalah kunci bisnis.”