Belum Daftar CPNS? Tahun Depan Saja [kompas]

Belum Daftar CPNS? Tahun Depan Saja

PinkKorset.com, Jakarta – Belum sempat ikut melamar sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Jangan khawatir. Tahun depan, ada kesempatan yang  lebih menyenangkan.

Dalam proses penerimaan calon PNS atau CPNS 2015, para pelamar bakal diperbolehkan melamar tiga posisi jabatan pada instansi pemerintah yang berbeda.

Kondisi ini dimungkinkan setelah adanya pengembangan dari aturan yang berlaku.

Seperti diketahui, pelamar PNS saat ini bisa memilih 3 posisi jabatan. Namun, hal ini hanya berlaku pada satu kementerian atau lembaga (K/L) saja.

“Jadi, kalau misalnya melamar di Kementerian Keuangan, tiga posisi jabatan berarti hanya bisa pada instansi di dalamnya, seperti Direktor Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Anggaran, dan Direktorat Jenderal Bea Cukai,” ujar Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Eko Prasojo dalam konferensi pers di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Jumat (3/10/2014).

Sementara tahun depan, akan ada pengembangan sistem, tiga posisi jabatan boleh dipilih dari instansi yang berbeda. «Jadi boleh satu posisi di Kementerian PAN-RB, satu di kementerian lain dan satu lagi di kementerian lain lagi,” katanya.

Adapun untuk menentukan apakah peserta CPNS tersebut bisa diterima dalam sebuah instansi, panitia penerimaan tetap menggunakan sistem passing grade, sehingga peserta bisa saja tergeser oleh peserta lain yang nilai seleksinya lebih baik.