Berinternet, Indonesia Catat Prestasi [kaskus]

Berinternet, Indonesia Catat Prestasi

PinkKorset.com – Indonesia mencatatkan prestasi dalam dunia maya. Bukan untuk penemuan atau kecepatan berinternet, melainkan untuk pertumbuhan penggunanya.

Menurut Cisco Visual Networking Index, Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan lalu lintas IP tercepat kedua di dunia. Artinya, jumlah pengguna internet di Indonesia terus bertambah dengan pesat.

Bahkan diperkirakan, pada 2018 mendatang, akan ada 164 juta pengguna internet dan 530,6 juta perangkat yang terhubung jaringan di Indonesia.

Pertumbuhan yang cepat itu juga dibenarkan laporan dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII). Disebutkan hingga 2013 terdapat 71,19 juta pengguna internet di Indonesia dengan penetrasi 28 persen. Itu berarti akan terjadi pertumbuhan luar biasa dalam kurun 5 tahun sejak 2013.

Menurut Cisco, pertumbuhan cepat itu membuktikan Indonesia juga salah salah satu negara yang telah memasuki era Internet of Everything (IoE). Diperkirakan IoE akan berkontribusi dalam peningkatan peluang ekonomi dalam 25 tahun ke depan. Diprediksi IoE akan membawa kesempatan global senilai US$ 19 triliun dalam dekade berikutnya.

“Kita sudah berada pada awal era Internet of Everything. IoE tidak lagi menjadi istilah untuk tren masa depan, tetapi merupakan sebuah tantangan bagaimana kita akan membentuk transformasi di Indonesia melalui IoE,” kata Ichwan F Agus, Telco Sales Director untuk Cisco Systems Indonesia, dalam keterangan resminya, Minggu (31/8/2014).