Berwisata di Bawah Laut Teluk Tomini [indonesiatravel]

Berwisata di Bawah Laut Teluk Tomini

PinkKorset.com – Bila Anda menyukai pemandangan bawah laut, datanglah ke Sulawesi Tengah pada pertengahan September mendatang.

Ya. Pada 10-13 September 2014, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menggelar Festival Teluk Tomini.

Pergelaran ini sebenarnya bertujuan untuk memperkenalkan potensi wisata bawah laut Teluk Tomini, Kabupaten Parigi Mutong, Sulawesi Tengah kepada dunia luar sebagai destinasi wisata yang menawarkan keunikan, keindahan dan kenyamanan.

Teluk Tomini merupakan salah satu teluk terbesar di Indonesia dengan luas kurang lebih 6 juta hektar (ha) dengan potensi sumber daya alam yang unik. Di teluk ini, terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, dan seakan menjadi surga bagi para penyelam. Selain karena terumbu karangnya yang indah, berbagai jenis ikan juga hidup di sini.

Dalam pembagian kawasan keanekaragaman hayati, kawasan ini berada di zona Wallacea, yang dalam sejarahnya merupakan kawasan terpisah dari Benua Asia maupun Australia.

Teluk Tomini tergolong perairan semi tertutup (semi enclosed) yang bersinggungan langsung dengan tiga provinsi (Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo) dengan 14 kabupaten/kota serta 23 muara daerah aliran sungai (DAS).

Dengan luas terumbu karang sebesar 1.031 ha dan luas hutan Mangrove 785.10 ha, Teluk Tomini juga memiliki Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dengan spesies endemik seperti Tuna Sirip Kuning, Anoa, Babi Rusa, Maleo dan spesies lain yang belum teridentifikasi.

Di tengah-tengah Teluk Tomini ini, terdapat 56 rangkaian pulau-pulau yang dikenal dengan Kepulauan Togean yang panjangnya membentang hingga 90 kilometer. Enam pulau di antaranya termasuk yang kategori besar, yaitu Pulau Una-Una, Batulada, Togean dan Talatakoh, Waleakodi dan Waleabahi. Di sekelilingnya terdapat pulau-pulau kecil yang ramai dikunjungi wisatawan asing.

Ekosistem Teluk Tomini merupakan satu di antara 26 kawasan andalan laut nasional. Tak heran bila daerah ini memiliki potensi sumber daya pesisir dan laut yang berlimpah bagi pengembangan wisata bahari dan lumbung pangan nasional.

“Posisi Teluk Tomini yang strategis menjadikan wilayah ini sebagai jantung segitiga terumbu karang dunia atau Heart of Coral Triangle,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, saat melakukan launching Festival Teluk Tomini 2014 di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (13/8/2014).

Festival Teluk Tomini merupakan bagian dari kegiatan Peringatan Hari Nusantara 2014. Sementara puncak acara dari Perhelatan Hari Nusantara sendiri, akan dilaksanakan di Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan.

Belum Ada Berita Terkait