Dunia Kuliner Berebut Bintang Michelin [michelinmedia]

Dunia Kuliner Berebut Bintang Michelin

PinkKorset.com – Berbagai restoran dan koki kelas dunia berebut mendapatkan Michelin Star alias Bintang Michelin. Apa sih artinya Michelin Star?

Begitu pentingnya Michelin Star ini, koki ternama Gordon Ramsay mengaku pernah menangis saat Michelin mencabut dua bintang di restoran The London NY di New York City miliknya.

“Seperti kehilangan kekasih, Anda ingin dia kembali,” kata koki yang dikenal suka berkata-kata kasar untuk memotivasi anak buahnya ini. Padahal, Ramsay sudah punya 14 Michelin Star di berbagai cabang restorannya.

Ya, Michelin yang dimaksud ini adalah perusahaan yang membuat ban mobil itu. Pada 1900, Michelin meluncurkan guidebook pertama untuk mereka yang hendak bepergian di Prancis. Review restoran mereka mulai pada 1926.

Michelin akan mengirimkan utusannya secara anonimus dan tanpa pemberitahuan. Biasanya, sosok yang dikirim ini adalah penyuka makanan, sangat memperhatikan detil, dan memiliki ingatan rasa yang luar biasa.

Dia harus bisa membaur dengan para tamu lainnya sehingga pihak restoran takkan bisa menebaknya. Mereka akan membuat catatan-catatan kecil mengenai restoran itu kemudian membahasnya dengan sesama reviewer sebelum diberi bintang.

Ini yang membedakan Michelin dengan para kritikus kuliner lainnya seperti Zagat dan Yelp yang sepenuhnya mengandalkan penilaian konsumen via internet. Michelin tidak menjadikan pelanggan sebagai penulisnya.

Ada tiga bintang berdasarkan review itu. penilaian dilakukan berdasarkan kualitas, teknik memasak, serta sifat dan konsistensi makanan. Dekorasi interior, peletakan meja, dan kualitas layanan bukan bagian dari penilaian itu.

Satu bintang berarti very good restaurant yang merupakan tempat baik untuk makan dalam perjalanan Anda, baik di kategorinya, dan menyiapkan makanan dengan standar tinggi secara konsisten.

Dua bintang, excellent cuisine, artinya perjalanan ke restoran itu layak ditempuh. Masakannya luar biasa dan dibuat dengan keahlian khusus, serta disiapkan dengan perencanaan matang dengan kualitas yang amat baik.

Tiga bintang adalah exceptional cuisine, merupakan restoran yang layak dijadikan tempat tujuan khusus. Masakannya sangat luar biasa. Hidangan khusus disajikan dengan amat hati-hati, menggunakan bahan-bahan pilihan.

Michelin juga memberi penghargaan untuk makanan berkualitas baik dengan harga yang masuk akal. Intinya, Anda takkan kecewa menikmati hidangan di sebuah restoran yang memiliki setidaknya satu Michelin Star.

Namun begitu, bintang Michelin juga dikritik. Penilaiannya dikatakan bias karena cenderung berpatokan pada gaya, teknik, dan rasa hidangan Prancis. Juga ada yang berkata review Michelin ini berpihak pada koki-koki besar.

Di Indonesia, belum ada restoran yang memiliki bintang langsung dari Michelin. Meski sudah banyak review kelas dunia yang menyamakan sejumlah rumah makan dengan restoran berbintang Michelin.