Bitcoin, Si Mata Uang Virtual Foto: HP

Bitcoin, Si Mata Uang Virtual

PinkKorset.com – Pernah bertransaksi menggunakan bitcoin? Alat tukar yang satu ini tampaknya makin terkenal.

Pamor bitcoin terus naik belakangan ini, meski banyak terjadi kasus di belakangnya. Mulai dari fluktuasi harga gila-gilaan hingga kematian CEO trader bitcoin First Meta di Singapura, Autumn Radtke.

Di Negeri Singa ini bahkan sudah disiapkan mesin ATM bitcoin pertama. Makin banyak peritel menerimanya sebagai alat tukar pengganti uang. Tapi, apa sih sebenarnya bitcoin?

– Bitcoin adalah mata uang virtual yang diciptakan pada 2009 oleh seorang programmer komputer atau sekelompok programmer yang hanya diketahui bernama Satoshi Nakamoto.

– Programmer mengendalikan penciptaan bitcoin dan seluruh transaksinya, bukan bank sentral atau badan pemerintah.

– Terdapat 12,2 juta bitcoin yang saat ini bersikulasi dan menurut programmer-nya, akan diciptakan maksimal 21 juta bitcoin.

– Mereka yang jadi bagian jaringan untuk verifikasi transaksi bitcoin disebut miners (penambang) dan atas jasanya, akan dibayar dengan bitcoin.

– Konsumen bisa membeli bitcoin secara online melalui pertukaran atau langsung pemiliknya. Saat ini 1 BTC (bitcoin) dijual sekitar US$670 atau Rp7,6 juta! (Kurs hari ini).

– Pemilik bitcoin boleh memperdagangkannya untuk menambah keuntungan. Saat pertama diciptakan, 1 BTC tak lebih dari US$10 sen. Di akhir 2011, mencapai hampir US$5 dan pada November 2013 pernah mencapai US$1.000 karena banyaknya permintaan dari China.

– Namun begitu, memiliki bitcoin merupakan risiko besar karena tidak ditanggung bank sentral manapun. Jadi, 10 BTC hari ini bisa saja tak berarti apa-apa jika besok perdagangan tutup atau semua orang berhenti menerimanya.

– Pembayaran dengan bitcoin mewajibkan Anda untuk memiliki aplikasinya di ponsel atau komputer. Anda nantinya mentransfer bitcoin itu dari dompet virtual pribadi ke orang lain.

– Bitcoin bukan satu-satunya mata uang virtual yang beredar. Ada peercoin, litecoin, dan ripple. Royal Canadian Mint juga punya, diberi nama MintChip, yang didukung dolar Kanada.