Bos Baru Sarinah Pengalaman di GAP [sarinah]

Bos Baru Sarinah Pengalaman di GAP

PinkKorset.com, Jakarta –  Menteri BUMN Dahlan Iskan mengangkat Ira Puspita Dewi menjadi Direktur Utama PT Sarinah yang baru menggantikan Dirut sebelumnya, yakni Mira Amahorsea .

“Pergantian pucuk pimpinan Sarinah bukan karena ada masalah, tapi masa jabatannya yang sudah habis sejak tiga bulan lalu,” kata Dahlan, usai menggelar Rapat Pimpinan di Jakarta, Kamis (17/7/2014).

Menurut Dahlan, proses penunjukan Dirut Sarinah anyar ini sudah melalui uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). “Terlebih dahulu fit and proper test lebih utamakan track record dan utamakan juga integritas dan antusias,” ujarnya.

Ira Puspita Dewi dipilih karena berpengalaman mengelola GAP, perusahaan pakaian asal Amerika Serikat yang bidang usahanya mirip dengan Sarinah. Selain salah satu staf di Yayasan Temasek Singapura. Dengan pengalaman itu, Ira diyakini membawa perusahaan lebih maju lagi.

“Selama ini Ira menjabat Direktur Asia Pasifik untuk GAP sekitar 10 tahun. Salah satu perusahaan garmen terkemuka di dunia. Saya ingin dia menunjukkan kemampuannya mengelola dan membawa Sarinah lebih bagus lagi,” ujarnya.

Dahlan menuturkan bahwa tidak ada keharusan menjadi Dirut Sarinah adalah seorang perempuan. Namun, dirinya menilai, perusahaan pelat merah pusat perbelanjaan ini lebih pantas dipimpin oleh sosok perempuan.

Ira Puspita Dewi yang merupakan lulusan Universitas Brawijaya, Malang, saat ini sedang menyelesaikan kuliah S-3 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Saat ini, Ira masih menjabat sebagai direktur GAP untuk Asia Pasifik, Ia pun pun memerlukan waktu untuk mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.