Bukti Orang Kaya Tidak Selalu Bahagia [michellehandford]

Bukti Orang Kaya Tidak Selalu Bahagia

PinkKorset.com – Berkelimpahan harta ternyata tak membuat seseorang bahagia. Bahkan tumpukan kekayaan yang dimiliki malah memicu kekhawatiran dan membuat sulit tidur.

Survei digelar perusahaan hukum internasional, Withersworldwide terhadap lebih dari 4.500 miliuner dan 16 anggota keluarga miliuner di kawasan Eropa, Asia dan Amerika Utara. Lebih dari 3.000 miliuner menunjukkan adanya ketakutan yang besar dalam mengelola harta dan membina keluarganya.

Berdasarkan survei bertajuk `The Meaning of Wealth in the 21st Century`, ketakutan terbesar para miliuner adalah melihat anak-anaknya kehilangan motivasi dan ambisi untuk mencapai cita-cita. Satu dari tujuh miliuner mengaku takut kekayaan dapat menyebabkan hilangnya motivasi pada anak.

Sarah Cormack, ahli bidang pajak Withersworldwide mengatakan, bagi miliuner yang juga berperan sebagai orangtua, ketakutan utama adalah kekayaan dapat merenggut ambisi anak dalam menjalani petulangan  hidupnya.

“Pasalnya, dengan kekayaan tersebut, sang anak tak perlu lagi bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,”ujarnya seperti dikutip dari laman The Telegraph, Kamis (10/7/2014).

Para miliuner juga khawatir kondisi kesehatan pribadinya serta terpecahnya keluarga karena harta seperti misalnya terjadi perceraian. Hal ini menjelaskan mengapa banyak orang kaya mengikuti kegiatan amal. Yakni demi menjaga keutuhan keluarga yang dibinanya.

Kekhawatiran selanjutnya adalah terkait ketidakmampuan untuk menopang kebutuhan keluarga dengan hartanya. Mereka takut investasi yang digarapnya gagal dan tidak lagi bisa menghidupi keluarganya.

Hal itu yang juga menjadi alasan para miliuner rajin berekspansi atau mendirikan bisnis baru meski sudah sangat kaya.