Cara Alami Turunkan Risiko Darah Tinggi Foto: medciencia

Cara Alami Turunkan Risiko Darah Tinggi

PinkKorset.com – Tak selalu butuh obat-obatan atau bahan kimia. Ada cara alami untuk menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi.

Apa saja? Berikut cara mudah yang bisa Anda lakukan.

Ulurkan Tangan

Penelitian menunjukkan orang dewasa berumur 51 hingga 91 tahun yang melakukan kegiatan sukarela dalam waktu 200 jam per tahun atau sekitar tiga jam per minggu memiliki penurunan risiko hipertensi atau darah tinggi hingga 40%.

Makan Yoghurt

Menurut penelitian, orang-orang yang mengonsumsi yoghurt lowfat enam ons perhari dapat menurunkan risiko hipertensi hingga 31% dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi yoghurt kurang dari satu kali sebulan. Satu alasannya, Yoghurt mengandung kalsium, kalium dan magnesium, yaitu tiga mineral penting yang membantu mengatur aliran darah.

Jalan-Jalan

Berjalan-jalan sendiri atau mengajak binatang peliharaan seperti anjing dan kucing selama 20 menit dalam sehari membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Musik yang Menenangkan

Sebuah penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik santai yang menenangkan dapat merilis neurohormones dalam tubuh Anda yang bekerja untuk menurunkan tekanan darah. Kuncinya? Musik harus menenangkan dan membuat Anda merasa lebih tenang.

Minum Teh Hitam

Penelitian baru-baru ini menunjukkan, meminum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama enam bulan berturut-turut dapat menurunkan tekanan darah. Peneliti bahkan mengatakan, sedikit perubahan dapat membantu mengurangi risiko hipertensi. Teh hitam mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan yang dapat melemaskan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Lakukan Kegiatan yang Memompa Jantung

Bukanlah rahasia bahwa kegiatan kardiovaskular dapat meningkatkan kesehatan, tetapi American Heart Association baru-baru ini menegaskan bahwa latihan aerobik yang moderat seperti berjalan-jalan juga dapat menurunkan tekanan darah. Lakukan latihan tersebut minimal 30 menit setiap pagi di akhir pekan.