Cara Efektif Kurangi Nyeri Pinggang Foto: yahoo

Cara Efektif Kurangi Nyeri Pinggang

PinkKorset.com, Jakarta – Jangan remehkan bila pinnggang Anda terasa nyeri, karena hal ini bisa mengindikasikan kerusakan serius pada tubuh.

Menurut penelitian ‘Annals of the Rheumatic Disease’, nyeri punggung mempengaruhi 80% dari aktivitas kita sehari-hari. Bahkan di seluruh dunia, nyeri pinggang diklaim menyebabkan kecacatan lebih banyak dibandingkan kondisi kesehatan lainnya.

Salah satu penyebab sakit punggung berasal dari gaya hidup yang tak tepat, seperti jarang bergerak dan terlalu lama duduk. Masalah ini diperkirakan akan bertambah buruk beberapa dekade mendatang, karena penduduk dunia dan proporsi orang tua yang terus bertambah.

Berikut adalah langkah-langkah yang terbukti dapat meringankan nyeri pinggang.

Bergerak, Berolahraga dan Lakukan Peregangan

Olah raga adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kembali kekuatan dan meringankan nyeri punggung kronis. Olah raga yang menguatkan otot, seperti angkat besi, tidak hanya membantu membangun kepadatan tulang, namun juga dapat meringankan nyeri punggung.

Namun, pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum olah raga ini. Selain tentunya melatih postur yang baik dan pernapasan yang tepat selama latihan.

Keputusan Anda untuk melakukan yoga atau kelas peregangan juga dapat mengurangi asupan obat-obatan nyeri. Demikian menurut studi 2011 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine. Tapi ingat, jika Anda menderita nyeri punggung, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memulai latihan.

Coba Obat-Obatan

Dokter mungkin merekomendasikan over-the-counter NSAID (obat non-steroid anti-flamasi) seperti aspirin dan ibuprofen untuk menghilangkan nyeri punggung. Tapi terlalu sering menggunakan obat-obatan ini dapat menyebabkan efek samping. Bicarakan dengan dokter Anda segera jika nyeri punggung Anda tidak segera membaik.

Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat-obatan seperti kodein atau hydrocodone, atau relaksan otot. Namun, pengobatan ini hanya dapat digunakan untuk waktu yang singkat serta di bawah pengawasan ketat dari dokter.

Langkan Waktu Untuk Terapi Pijat

Terapi pijatan membantu menangkan daerah yang sakit. Sebuah hasil studi yang dipublikasikan Annals of Internal Medicine pada 2011 menemukan terapi pijat membantu meredakan nyeri pinggang kronis dan meningkatkan fungsinya, bahkan setelah enam bulan.

Mencoba Pengobatan Rumah.

Bila Anda menderita nyeri punggung jangka pendek yang akut, ada banyak perawatan rumah yang dapat meringankan rasa sakit Anda. Ketika serangan nyeri punggung muncul, cobalah terapi panas atau dingin untuk pengobatan sementara.

Terapi panas membantu aliran darah ke bagian tubuh yang meradang, yang memungkinkan otot-otot untuk lebih relaks. Terapi dingin memperlambat aliran darah ke bagian tubuh yang meradang, yang mengurangi pembengkakan.

Apapun metode penghilang rasa sakit yang Anda mencoba, cara ini hanya sementara. Konsultasikan ke dokter, jika nyeri punggung Anda berlangsung lebih dari tiga pekan.