Cara Efektif Kurangi Tingkat Stres

PinkKorset.com, Jakarta – Kesibukan kerja dan masalah-masalah lain dalam kehidupan seringkali membuat Anda stres.

Jika dibiarkan, rasa frustasi ini tidak hanya menimbulkan efek negatif terhadap seluruh aktivitas, namun juga mengganggu psikis Anda.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres.

Atur Pikiran Menjadi Positif

Ketika sedang merasa stres, sebenarnya Anda sedang menghindari terjadinya sesuatu yang buruk. Hal ini menunjukkan bahwa Anda terlalu fokus pada hal-hal yang negatif. Cobalah mengubah cara pikir ke arah yang lebih positif, seperti mencari solusi atau berpikir lebih optimis.

Misalkan Anda stres karena belum mempersiapkan materi rapat, padahal big boss segera datang. Anda bisa mencari solusi dengan mendistribusikan pekerjaan dengan rekan kerja atau memilih presentasi di sesi terakhir.

Kuras Energi Anda

Saat mengalami stres, tanpa disadari Anda memiliki tambahan energi. Untuk itu, mengurangi energi dapat menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres dan kembali mendapatkan fokus perhatian Anda.

Pergilah berolahraga atau kerjakan hal lain yang membuat Anda berkeringat, seperti berbenah rumah. Sehingga energi berlebih berkurang dan tingkat stres turun.

Berdekatan Dengan Orang Lain

Tubuh manusia akan mengeluarkan oxytosin ketika berdekatan dengan makhluk hidup lain, seperti manusia atau hewan. Salah satu fungsi dari oxytosin adalah memberikan ketenangan.

Ini sebabnya ketika sindrom stres menyerang, perasaan kita akan lebih baik bila mendapat usapan lembut di bahu atau memeluk seseorang yang kita kasihi. Namun, bila Anda memiliki anjing peliharaan, bermain dengannya juga dapat mengurangi stres.

Menghadapi Ketakutan Anda

Ketika merasa benar-benar stres, jangan takut untuk menghadapi ketakutan Anda. Tanyakan pada diri sendiri, Apa yang benar-benar Anda takutkan? Hal buruk apa yang akan terjadi?

Kadang-kadang Anda akan menemukan bahwa semua hal yang terjadi, ternyata tak seburuk apa yang dipikirkan sebelumnya. Ingatlah bahwa ‘satu-satunya hal yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri’.

Lakukan Meditasi

Ketika bernapas dalam-dalam, stres yang Anda rasakan perlahan akan mencair. Coba fokus pada pernafasan Anda dengan menarik dan menghembuskan nafas. Dengarkan suara hembusan nafas Anda dan bagaimana rasanya mengisi paru-paru dengan udara dan membiarkannya keluar. Alunan musik lembut dapat membantu merilekskan diri Anda. Mengatur pernafasan secara rutin, bagus untuk keseimbangan tubuh Anda. Kalau perlu, ambil kelas yoga dan bermeditasilah.