Cara Hentikan Kritik Keluarga Anda Foto: MyAspergersChild

Cara Hentikan Kritik Keluarga Anda

PinkKorset.com, Jakarta – Keluarga adalah pihak yang seharusnya banyak memberi dukungan pada seseorang. Namun apa jadinya bila mereka justru sering mengkritik Anda?

Setiap orang ingin menjadi dirinya sendiri, punya keinginan dan butuh mengapresiasi dirinya. Tapi, bagaimana bila fakta yang terjadi justru sebaliknya?

Alih-alih mendukung, justru pihak keluarga lah yang kerap mengkritik, sehingga apapun yang Anda lakukan tampaknya selalu salah.

Bila Anda berada dalam situasi tersebut, panduan ini mungkin dapat membebaskan Anda.

Pikirkan  

Apa yang biasa keluarga kritik tentang Anda? Tuliskan semua alasan. Percaya atau tidak, Anda mungkin adalah pihak yang sebenarnya salah dalam hal ini.

Tinjau daftar Anda

Apakah ada hal yang bisa Anda perbaiki sendiri? Jika Anda mencoba, mungkin ada sejumlah kritik, bahkan beberapa informasi konstruktif tentang bagaimana menjadi orang yang lebih baik.

Kumpulkan Keluarga Anda Untuk Rapat

Ini mungkin terdengar sepele, tetapi penting. Anda beritahu mereka dengan tegas bagaimana perasaan Anda. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ingin mereka berhenti mengeluh. Tekankan juga bahwa Anda berusaha menjadi orang yang lebih baik.

Perhatikan Setiap Komentar

Setiap kali anggota keluarga memberi komentar tentang tingkah laku Anda, padahal Anda memiliki alasan tersendiri,  cobalah dengan tenang meminta orang tersebut memberi solusi atas masalah tersebut, jika menjadi Anda.

Percaya Diri Untuk Semua Yang Anda Lakukan

Tegakkan kepala Anda dan bicaralah dengan  tegas. Ini akan menyadarkan keluarga, bahwa Anda tahu apa yang dilakukan dan bahwa Anda bertanggung jawab atas semua tindakan dan kesalahan yang dibuat.

Jangan Emosi

Cepat emosi hanya akan membuat situasi Anda lebih buruk. Sebaliknya, jika ada anggota keluarga yang mengejek Anda tidak berhasil, minta mereka berhenti. Jangan tunjukkan kemampuan untuk bersilat lidah. Ajak mereka berpikir tentang seberapa keras Anda mencoba.

Minta Nasihat Anggota Keluarga Anda

Cara ini akan membuat mereka merasa penting, memecahkan masalah yang Anda miliki, membuat semua orang senang dan menciptakan ikatan yang lebih kuat .

Terbuka

Jika Anda menutup diri dalam kamar sepanjang waktu, orang tua justru akan bertanya-tanya dan menyebabkan mereka untuk mengajukan lebih banyak pertanyaan, mengkritik Anda lebih , dan menempatkan kedua belah pihak dalam hubungan canggung. Terbukalah dengan perasaan Anda.