Cara Mengatasi ‘Jam Karet’ Foto: sheknows

Cara Mengatasi ‘Jam Karet’

PinkKorset.com – Sering ditegur atasan atau membuat teman kesal karena suka molor alias ‘jam karet’?

Keterlambatan atau biasa disebut jam karet sudah menjadi topik umum di Indonesia. Kegiatan apapun jadi berantakan gara-gara jam karet. Padahal, profesionalisme dan sukses dimulai dari kedisplinan waktu.

Apakah Anda belakangan ini sering mendapat teguran dari atasan akibat terlambat datang bekerja? Atau sering membuat teman kesal karena datang telat ketika janji bertemu?

Jika ya, ada baiknya Anda memperbaiki kedisiplinan mengatur waktu. Apa saja usaha yang bisa Anda lakukan untuk itu?

Perhatikan Kebiasaan Terlambat*

Apakah Anda sering terlambat ke kantor tapi tidak demikian saat pergi untuk nongkrong bersama teman? Jika ya, mungkin Anda terlambat akibat tidur terlalu larut atau memang tak menyukai pekerjaan itu.

Sehingga tanpa sadar, alam bawah sadar menolaknya. Kenali penyebab Anda sering memiliki jam karet. Dengan begitu, Anda tahu apa yang harus dilakukan agar bisa tepat waktu.

Waktu Berarti Segalanya

Waktu cepat berlalu saat Anda membenamkan diri dalam satu hal, misalnya berselancar di dunia. Kebiasaan ini berkontribusi membuat Anda terlambat.

Pikir dua kali saat hendak melakukan hal-hal tak penting yang hanya akan membuat terlambat. Patuhi dan disiplinkan diri sendiri untuk memiliki manajemen waktu yang baik dan tak merugikan siapapun akibat keterlambatan.

Dampak Buruk

Pikirkan dengan baik. Anda akan merasa dapat ‘paksaan’ untuk datang tepat waktu. Bebarapa orang memang membutuhkan motivasi yang agak keras agar bisa melakukan hal-hal dengan baik.

Sesuaikan Jam

Banyak orang mempercepat lima, sepuluh hingga 20 menit, bahkan tak jarang setengah jam untuk membuatnya tepat waktu. Ini bukan cara yang tepat. Biasakan diri melihat waktu yang benar dan disiplin untuk mengikutinya!

Buat Jadwal Efektif

Anda bisa memilih mana yang penting dan tidak. Hindari kebiasaan terlambat dengan dalih melakukan satu hal yang padahal tidak penting atau setidaknya tak membutuhkan prioritas.

Buat skala prioritas yang bisa dijadikan sarana membuat jadwal.