Cara Mudah Atasi Sakit Kepala [physiotherapylinks]

Cara Mudah Atasi Sakit Kepala

PinkKorset.com – Saat sakit kepala menyerang, aktivitas apapun bisa terhambat. Ada banyak cara mudah untuk mengatasinya, selain obat-obatan kimia.

Kadang Anda merasa terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan kimia, demi mengatasi rasa sakit sesederhana sakit kepala. Tenang, tak perlu selalu beralih ke obat-obatan. Berikut cara-cara mudah atasi pusing.

Banyak Minum

Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala, apalagi jika Anda baru saja muntah atau sedang mengalami hangover. Minumlah air putih sebanyak mungkin jika Anda mulai merasa pusing dan lakukan terus sepanjang hari. Perlahan, sakit kepala hilang.

Kafein, Tapi Hati-Hati

Kafein bisa seperti senjata makan tuan jika tak bijak mengonsumsinya. Memang, kafein lebih cepat dan efektif mengatasi pusing ketimbang obat pusing. Tapi Anda harus mewaspadai dosisnya atau sakit kepala akan kembali.

Cari Tempat Gelap dan Tenang

Jika bisa, berbaringlah di tempat yang nyaman dalam sebuah ruangan dan tenangkan diri. Matikan lampu dan fokus pada pernapasan. Jika bisa, letakkan kain lembab di atas mata Anda.

Kompres Dingin

Letakkan sesuatu yang lembut dan basah di dahi Anda untuk membantu menyempitkan pembuluh darah. Ini bisa mengurangi rasa sakitnya. Cara ini biasanya berhasil jika pusing terpusat di sekitar hidung atau kening Anda.

Pijat Kepala, Leher dan Lubang Telinga

Pijatan rungan bisa mengalihkan Anda dari rasa sakit dan memperbaiki sirkulasi darah, sehingga meringankan tegangan di tempat tersebut. Pijat kening Anda dengan gerakan memutar atau gerakan seperti kramas di kepala.

Teknik Relaksasi

Pelajari teknik relaksasi seperti meditasi, berdoa, bernapas dalam, ataupun visualisasi. Coba tenangkan diri Anda. Lebih bagus lagi teknik relaksasi ini membuat Anda tertidur sejenak.