Cara Praktis Hilangkan Bad Mood Foto: deviantart

Cara Praktis Hilangkan Bad Mood

PinkKorset.com, Jakarta – Bad mood membuat dunia Anda seakan gelap gulita. Namun, dengan cara sederhana, ini suasana hati bisa menjadi lebih baik.

Menurut Susan Krauss Whitbourne, profesor psikologi dari University of Massachusetts Amherst, perasaan stres muncul karena pikiran negatif yang menyerang Anda. Bisa dikatakan bahwa badmood merupakan cerminan dari depresi Anda.

Tak ingin mengalaminya berlama-lama? Simak beberapa solusi berikut.

Menjadi Cantik Dalam Nuansa Pink

Warna pink ternyata mampu membuat mood jadi lebih baik. Sebuah penelitian di tahun 1990-an yang dilakukan di rumah tahanan, menunjukkan bahwa warna pink yang dilukiskan di dinding kamar tahanan mampu menurunkan agresif dan kecemasan para tahanan.

Peneliti pun percaya warna tersebut dapat menyebabkan otot-otot jantung lebih rileks dan membuat Anda merasa lebih tenang (meskipun bersifat sementara).

Tidak menyukai warna pink? Tak perlu khawatir, menurut Whitbourne, semua warna sebenarnya dapat memberikan kebahagiaan. “Setiap warna menjadi cara yang baik untuk mencerahkan mood Anda,” ujarnya.

Caranya, coba naikkan mood dengan menggunakan baju, celana, sepatu, aksesoris atau berdandan dengan warna favorit Anda.

 Berolahraga

Olahraga tak hanya bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, tapi juga mampu meningkatkan mood. Hal itu bisa terjadi karena saat berolahraga dan berkeringat, otak akan dibanjiri dengan zat endorphin sehingga Anda merasa bahagia.

Terjebak dalam suasana bad mood dan ingin memperbaiknya suasana hati Anda? Berolahragalah! Jika melakukannya secara rutin setiap hari minimal 30 menit sekali, pikiran dan hati turut bugar dan terbebas dari perasaan bad mood.

 Sushi

Anda penggemar sushi? Bersyukurlah karena menurut hasil penelitian, asam lemak omega 3 yang terkandung dalam beberapa ikan seperti salmon, udang, tuna dan lain-lain dapat membantu menurunkan depresi.

Mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 selama dua kali seminggu juga membuat risiko depresi dan bunuh diri lebih rendah. Sementara untuk penderita bipolar, pola makan diet dengan fokus pada makanan beromega 3 selama empat bulan membuat mereka merasakan mood yang lebih baik secara alami.

Buat Perencanaan Yang Harus Dilakukan

Menurut Whitebourne, memiliki perencaan dan tujuan apa saja yang harus dilakukan menjadi cara untuk mengurangi perasaan tertekan.

Logikanya, jika Anda sudah tahu langkah-langkah apa saja yang akan dijalani, sehingga perasaan khawatir, cemas dan ketakutan akan jauh berkurang.