Cara Tepat Gunakan Tabir Surya [20minutos, hergoodybag]

Cara Tepat Gunakan Tabir Surya

PinkKorset.com – Menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan, memang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit.

Sinar matahari atau sinar ultra violet (UV) telah diketahui secara luas dapat merusak kulit. Sinar UV tersebut terdiri dari sinar UVA dan sinar UVB.

Sinar UVA yang masuk ke dalam kulit dan menganggu sistem immun dan menyebabkan terjadinya keriput dan bintik hitam penuaan.

Sedangkan sinar UVB dapat membakar kulit sehingga menyebabkan terjadinya ‘sun burn’. Terlalu sering terpapar sinar UV juga berisiko menyebabkan terjadinya kanker kulit.

Kendati penting, masih banyak yang mengabaikan cara penggunaan tabir surya yang tepat. Alhasil, kulit tetap terbakar atau mengalami iritasi setelah beraktivitas di luar ruangan.

Berikut cara tepat menggunakan tabir surya:

– Pilihlah tabir surya dengan SPF (sun protection factor) sesuai kebutuhan. Jika berada di dalam kota, cukup gunakan SPF 15. Jika bepergian ke daerah pantai, pilih yang memiliki kandungan SPF 25. Namun, jika Anda beraktivitas di bawah panas matahari, seperti diving dan berenang, SPF 50 lebih maksimal.
– Gunakan tabir surya secara merata pada kulit yang masih kering, 30 menit sebelum keluar rumah.
– Oleskan di bagian wajah, telinga, tangan dan bibir. Jika banyak bagian yang tidak tertutup rambut di kepala Anda, gunakan juga tabir surya pada daerah itu atau kenakan topi.
– Olesi kembali kulit dengan tabir surya setiap 2 jam, bisa lebih sering jika kulit berkeringat secara berlebihan.
– Olesi kembali tabir surya segera setelah berenang.
– Sinar UVA dapat menembus kaca dan mendung. Sebaiknya Anda tetap menggunakan tabir surya walau langit mendung, saat di dalam mobil atau di ruangan yang dikelilingi kaca.
– Tabir surya bisa dipakaikan pada anak diatas 6 tahun. Untuk anak yang lebih muda, hindari paparan sinar matahari sedapat mungkin.

Kendati dikatakan terbaik, tabir surya tetap tidak sempurna. Banyak tabir surya yang tidak mampu melindungi kulit dengan baik dari dampak negatif sinar UVA.

Tabir surya sendiri tidak akan mampu melindungi kuit dari kanker tanpa disertai upaya untuk mengurangi paparan sinar matahari.

Oeh karena itu, kenakan juga pakaian yang baik, topi dan payung untuk mendapatkan perlindungan maksimal.