Cara Tingkatkan Komunikasi Dalam Hubungan Foto: dinnerforsix

Cara Tingkatkan Komunikasi Dalam Hubungan

PinkKorset.com – Tidak ada pasangan yang menginginkan perselisihan atau pertengkaran terjadi dalam hubungan mereka.

Namun, selalu menjaga keharmonisan dalam hubungan, bukanlah urusan mudah. Terutama bila kondisi badan sedang lelah dan pikiran stres.

Untuk mudahnya, selalu ingatlah beberapa hal berikut demi menghindari terjadinya perselisihan.

Berpikirlah sebelum berbicara

Kita cenderung memberikan respon yang bersifat spontan. Namun, sebelum angkat suara, ada baiknya bertanya pada diri sendiri, apakah apa yang akan kita katakan merupakan hal relevan, penting dan konstruktif.

Mendengarkan dengan penuh perhatian

Jangan membuat kesalahan dengan hanya mendengarkan sekelumit kalimat yang diucapkan, dan langsung mencerna dengan otak bagaimana Anda akan meresponnya.

Coba sedikit paksa diri Anda untuk mendengarkan dengan penuh perhatian sampai ia selesai menyampaikan inti pembicaraannya.

Jujurlah

Jika ada sesuatu yang sangat mengganggu dan berpotensi menciptakan masalah dalam hubungan, sebaiknya Anda utarakan kepada pasangan  dengan jujur ​​dan terbuka. Jangan gunakan kejujuran sebagai alasan untuk menyakiti atau menyinggung perasaan, tetapi sebagai cara untuk memperkuat dan membangun.

Cobalah untuk tetap berpikiran terbuka

Berhati-hatilah untuk tidak menghakimi pendapat, pikiran atau perasaan orang lain. Melainkan mendengarkan tanpa menghakimi atau buru-buru membuat kesimpulan.