Cegah Osteoporosis Sejak Dini [medimoon]

Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Pinkkorset.com – Menurut hasil penelitian, penyakit osteoporosis lebih banyak menyerang perempuan ketimbang laki-laki. Waduh.

Ini diungkapkan National Osteoporosis Foundation di Amerika Serikat (AS). Bahwa 80% kasus osteoporosis menimpa perempuan.

Sekitar delapan juta perempuan mengalami penipisan serta pelemahan tulang yang mengarah pada rendahnya massa tulang serta peningkatan resiko patah.

Setengah dari perempuan  yang berusia 50 tahun ke atas rata-rata mulai kehilangan massa tulang antara 5-20%.

Terdengar mengerikan? Tak perlu khawatir. Sebab, osteoporosis sebenarnya bisa dicegah sejak dini dengan beberapa cara seperti berikut ini.

Jalan Kaki

Tak hanya bermanfaat untuk membakar kalori, jalan kaki bisa memperkaya kekuatan tulang. Sebab saat melakukannya, tulang bekerja melawan gaya gravitasi. Berjalanlah setiap pagi secara rutin, terlebih di pagi hari saat sinar matahari mengandung banyak Vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan tentunya, memperkuat tulang.

Es Krim

Selain lezat, es krim yang kaya kandungan susu juga mampu membantu menjaga kekuatan tulang. Kalsium dalam susu di es krim membantu memenuhi asupan kalsium di dalam tubuh. Ingat, kekurangan kalsium berarti kekurangan massa tulang. Selain pada es krim, kalsium juga terkandung di dalam keju, susu dan yoghurt, sayuran berdaun hijau gelap, tofu dan sarden.

Kurangi Alkohol dan Rokok

Keduanya berdampak buruk terhadap kesehatan, termasuk bagi tulang. Untuk itu, American Heart Association merekomendasikan perempuan hanya mengonsumsi alkohol tak lebih dari satu minuman per hari.

Pemeriksaan Dini

Jika Anda memiliki faktor resiko osteoporosis, sangat disarankan melakukan pemeriksaan dini. Terlebih jika memiliki gaya hidup tak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkohol secara berlebih, efek penggunaan obat jangka panjang, berat badan yang rendah, riwayat patah non-traumatik serta gangguan lainnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?