Cek Kesehatan dari Air Seni [livescience]

Cek Kesehatan dari Air Seni

PinkKorset.com, Jakarta – Sudah menjadi rahasia umum jika air seni bisa menjadi indikator kondisi kesehatan kita. Namun, tahukah Anda bagaimana hal itu bisa terjadi?

Air seni yang kita keluarkan tak hanya membawa zat sisa dalam metabolisme tubuh, tapi juga bakteri yang terkandung dalam kandung kemih. Bakteri-bakteri inilah yang memberikan petunjuk mengenai kondisi kesehatan Anda.

Sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas Loyola Chicago yang diungkapkan dalam pertemuan tahunan American Society for Microbiology.

Mereka menemukan, bakteri yang berada pada kandung kemih perempuan sehat berbeda dengan bakteri yang terdapat dalam kandung kemih perempuan yang menderita Over Active Bladder (kandung kemih terlalu aktif).

Tim peneliti menemukan jenis bakteri mikrobiota lebih banyak pada kandung kemih perempuan yang memiliki Over Active Bladder dibanding kandung kemih milik perempuan sehat.

Ini juga menjelaskan mengapa banyak perempuan tidak merespon terapi konvensional Over Active Bladder.

Perhatikan warna air seni yang Anda keluarkan, semakin bening artinya semakin sehat. Jika berwarna, pekat dan berbau, bisa jadi penyebabnya adalah dehidrasi atau adanya gangguan kesehatan, khususnya pada ginjal.

Banyak minum air putih membuat metabolisme tubuh dan pembuangan zat-zat sisa melalui air seni berjalan lebih lancar.