Cerdas Kelola Dana Pendidikan Anak

PinkKorset.com – Memberi pendidikan yang terbaik bagi anak, merupakan kewajiban dan impian setiap orang tua. Dengan perhitungan yang matang, maka dana pendidikan pun dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Para perencana keuangan menyarankan setiap orangtua menyiapkan dana pendidikan untuk anak sejak dini. Terutama mengingat biaya pendidikan yang mengalami peningkatan bertahap setiap tahunnya. Hal yang diakui cukup memusingkan orangtua dimana pun.

Menilik hasil riset yang dilakukan oleh ZAPFIN Research Division, rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia mencapai 15 persen per tahun.

Bila diilustrasikan, maka biaya taman kanak-kanak yang saat ini sebesar Rp 1 juta, dengan kenaikan antara 10-15 persen per tahun, maka empat tahun lagi biaya itu akan mencapai Rp 1,46 juta hingga Rp 1,7 juta.

Sementara untuk masuk sekolah dasar, dengan biaya saat ini sebesar Rp 5 juta, maka dengan inflasi 10-15 persen per tahun, sekitar 6 tahun lagi, akan menjadi Rp 8,8 juta hingga Rp 11,5 juta.

Bahkan, ada perguruan tinggi swasta yang menaikkan biaya pendidikan hingga 40 persen setiap tahunnya. Biaya kuliah sekitar Rp60 juta hingga Rp125 juta itu sudah meliputi uang pendaftaran, uang semester, uang pangkal, dan kebutuhan lain hingga sang anak lulus empat tahun ke depan.

Ini berarti, bila sang anak saat ini masih berusia 0 tahun, dengan asumsi tingkat kenaikan biaya pendidikan pertahun, maka biaya kuliah saat ia berusia 17 tahun dapat mencapai sekitar Rp1,5 miliar hingga Rp2 miliar. Dana yang tidak sedikit bukan?

Para orangtua pun dituntut untuk menghitung dengan cermat berapa kebutuhan biaya pendidikan yang harus ditanggung, serta menyesuaikan dengan strategi persiapan dana pendidikan yang dipilih.