‘Cetak’ Senjata 3D, Laki-laki Jepang Ditangkap Foto: NHK

‘Cetak’ Senjata 3D, Laki-laki Jepang Ditangkap

PinkKorset.com,Tokyo – Bila Anda memiliki printer tiga dimensi, sebaiknya tidak membuat benda-benda yang membahayakan keselamatan. Salah-salah, Anda akan berurusan dengan pihak berwenang.

Hal ini dialami Yoshitomo Imura. Laki-laki berusia 27 tahun ini ditangkap di dekat Tokyo, karena diduga memiliki senjata yang dibuat dengan printer 3D. Penangkapan ini adalah yang pertama di Jepang.

'Cetak' Senjata 3D, Laki-laki Jepang Ditangkap

Petugas bertindak setelah Yoshitomo mengunggah senjata hasil cetakan tersebut di dunia maya. Lima senjata, dua diantaranya dapat menembakkan peluru tajam mematikan serta sebuah printer 3D, disita dari kediamannya, kata sumber kepolisian.

Namun, tidak ada amunisi yang ditemukan di rumahnya.

Penyelidikan dimulai pada Februari, setelah polisi melihat rekaman video yang menunjukkan Yoshitomo memamerkan pistol itu. Yoshitomo dilaporkan tidak mengetahui bahwa mencetak pistol adalah tindakan melanggar hukum.

Pistol cetak 3D pertama di dunia berhasil ditembakkan di AS pada Mei 2013 oleh grup bernama Defense Distributed, yang membagi cetak birunya di internet. Namun Departemen Luar Negeri AS langsung meminta grup tersebut menghapus cetak biru itu dari website mereka.

'Cetak' Senjata 3D, Laki-laki Jepang Ditangkap