Daftar Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesuburan [motherpedia]

Daftar Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesuburan

PinkKorset.com – Para ilmuwan memastikan, makanan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kesuburan perempuan.

Bagi sebagian besar perempuan yang sudah menikah, memiliki anak menjadi sebuah impian baru yang tentunya ingin segera terwujud. Namun sayangnya, tak semua perempuan berhasil mendapatkan impian tersebut dalam waktu cepat.

Penyebabnya bermacam-macam, meski terkadang hanya masalah waktu yang membuatnya belum juga memiliki momongan. Jika ini menimpa Anda, menjaga dan meningkatkan kesuburan bisa menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan.

Seperti yang sudah diketahui, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam beberapa jenis makanan dapat membantu meningkatkan kesuburan seorang perempuan.

Berikut beberapa jenis makanan yang mungkin bisa Anda masukkan ke dalam menu makanan sehari-hari.

Berbagai Jenis Jeruk

Anda pasti tahu kandungan vitamin C dalam jeruk berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercantik kulit. Namun, bagaimana dengan fungsinya dalam meningkatkan kesuburan? Vitamin C dalam jeruk berguna untuk mengatur hormon yang berkaitan dengan kesuburan. Untuk itu, tak ada salahnya mengganti ‘minuman berwarna’ Anda dengan segelas jus jeruk atau menjadikan jeruk sebagai cemilan Anda.

Makanan Kaya Zat Besi

Zat besi sangat dibutuhkan oleh perempuan, tak hanya untuk masalah kesehatannya, tapi juga berpengaruh terhadap kesuburan. Kekurangan zat besi dapat berakibat serius terhadap proses ovulasi dan menyebabkan rendahnya kesehatan pada indung telur. Oleh karena itu, memperbanyak konsumsi makanan kaya akan kandungan zat besi seperti kedelai, bayam, kacang lentil akan membantu menjaga kesuburan Anda.

Telur

Kekurangan vitamin D beresiko menyebabkan ketidaksuburan. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang dilakukan lembaga riset terkemuka di Inggris terhadap 80 perempuan yang didiagnosa tidak subur. Hasilnya, 93% dari 80 perempuan tersebut rupanya kekurangan vitamin D di dalam tubuh. Untuk itu, mengonsumsi makanan kaya akan vitamin D seperti telur berkhasiat dalam membantu kesuburan Anda.

Kerang

Kerang mengandung vitamin B12 yang berkaitan dengan tingkat estrogen di dalam tubuh perempuan. Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan hadirnya gangguan selama masa implantasi telur yang telah dibuahi dalam tubuh seorang perempuan.

Salmon

Salmon memiliki antioksidan yang tak hanya akan menjaga kulit Anda, tapi juga sperma dan telur di dalam tubuh dari serangan radikal bebas. Mengonsumsi salmon saat makan siang atau malam tentu bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda coba.

Kacang Polong

Kacang polong hijau memiliki kandungan zinc yang dapat menjaga kesuburan seorang perempuan. Bagaimana tidak? Kekurangan zinc hanya akan membuat tubuh Anda terhalang dalam memproduksi dan meningkatkan hormon estrogen serta progesteron yang berfungsi sangat penting dalam kesuburan.

Asparagus

Asam folat yang terkandung di dalam asparagus berguna untuk meningkatkan kesuburan seorang perempuan. Memiliki kandungan asam folat yang baik, akan memperkecil resiko terjadinya kegagalan ovulasi dalam tubuh perempuan.