Di Mana Letak Silicon Valley?

Silicon Valley alias Lembah Silikon adalah julukan untuk wilayah South Bay di San Francisco Bay Area, California Utara, Amerika Serikat (AS).  Secara geografis, Silicon Valley mencakup semua Lembah Santa Clara, bagian selatan Peninsula dan selatan East Bay.

Istilah Silicon Valley diciptakan oleh Ralph Vaerst, seorang pengusaha sukses dari California.  Sedangkan publikasi pertamanya dilakukan oleh Don Hoefler , teman Vaerst, yang memasukkannya dalam  judul untuk serangkaian artikel dalam koran Electric News, yang terbit pada Januari 1971.

Silicon Valley adalah ‘rumah’ bagi banyak perusahaan teknologi terbesar di dunia, serta ribuan kecil startups.Istilah silikon muncul karena banyaknya inovator dan produsen silikon yang berada di tempat itu. Tetapi akhirnya menjadi istilah untuk sektor teknologi canggih Amerika.

Beberapa perusahaan yang berkantor pusat di Silicon Valley adalah eBay, Facebook, Google, Pixar, Hewlett-Packard, Intel, Apple Inc, Adobe Systems, Oracle Corporation, SanDisk, Yahoo!, dan masih banyak lainnya.

.