DNA ‘Alien’ Ciptakan Organisme Baru? [utahpeoplespost]

DNA ‘Alien’ Ciptakan Organisme Baru?

PinkKorset.com – Perkembangan ilmiah ini sungguh luar biasa. Bayangkan, ilmuwan sukses menghidupkan organisme dari DNA ‘alien’. Seperti apa?

Organisme yang diciptakan baru sejenis mikroba yang berupa mikro organisme ‘semi sintetis’, menggunakan kode genetik berbeda dari yang sudah ada di Bumi.

Mikroba semi sintetis itu adalah bakteri E.coli yang dimodifikasi secara genetis, ditambahkan DNA buatan baru yang dilengkapi dengan alfabet genetika.

Selain bisa mereplika komponen alami dan sintetisnya saat reproduksi. Ahli biologi kimia di Scripps Research Institute, Floyd Romesberg, mengaku puas.

“Kami memiliki sel hidup yang bisa menyimpan informasi genetika yang ditambahkan terhadapnya,” kata Romesberg mengenai hasil kerja selama 15 tahun itu.

Selama miliaran tahun, DNA seluruh kehidupan di Bumi sudah dikodekan dalam blok-blok ‘dasar’ A, T, C, dan G. Bentuknya seperti tangga yang melilit.

Kini diciptakan sel hidup yang memiliki dua DNA asing, X dan Y, serta sintetis kimia yang disebut ‘d5SICS’ dan ‘dNaM’, dalam pembentukan blok-blok genomnya.

Penciptaan ini selangkah menuju sel sintetis yang bisa digunakan untuk mengembangkan obat dan molekul-molekul berguna lainnya.

Siapa yang berada di baliknya? Mereka adalah Scripps Research Institute di La Jolla, California, Amerika Serikat (AS), dan telah dipublikasikan di jurnal Nature, bulan lalu.

Banyak ilmuwan yang merasa DNA adalah sebuah kode yang berisi rahasia-rahasia kehidupan.