Ebola Jadi Epidemi Lagi? [google]

Ebola Jadi Epidemi Lagi?

PinkKorset.com – Virus ini kembali menyebar di Afrika dan telah menyebabkan hampir 500 orang meninggal dunia.

Di bagian barat Benua Hitam, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan otoritas kesehatan sedang kelabakan mengatasi Virus Ebola yang mematikan. Panik sudah mulai melanda Guinea, Sierra Leone, dan Liberia.

Hanya dalam sepekan, jumlah kematian naik 38% dan berpotensi menjadi epidemi mematikan. Sejumlah pemerintah kini khawatir, virus ini bakal menyebar ke seluruh dunia.

Jika terus menyebar ke Barat, ada kemungkinan Paris, Prancis, menjadi kota pertama yang terserang, menurut spesialis penyakit menular, Kamran Khan. Mereka meneliti jejak penyebaran virus ini.

“Pertanyaan besarnya, apakah orang yang sakit naik pesawat dan menyebarkannya,” kata Khan. Ini mengingat Ibukota Guinea, Conarkry, punya bandara internasional dan ada penerbangan langsung ke Paris.

Ada kemungkinan seseorang terjangkiti virus itu tanpa mengetahuinya. Periode inkubasi Ebola mencapai tiga pekan dengan tingkat fatal mencapai 90%. Penularan melalui cairan tubuh seperti darah dan keringat.

Direktur Regional Badan Kesehatan Dunia (WHO) Afrika, Dr. Luis Gomes Sambo menyatakan, perlu ada aksi kritis menghentikan potensi penyebaran epidemi. Kekhawatiran utama tetap sama, penyebaran ke luar negeri.

“Epidemi kali ini bisa menyebar ke negara lain atau di luar wilayah ini, jika tak ada ketegasan dalam mengatasinya,” katanya, di sela pertemuan darurat di Ghana. PBB menyatakan, epidemi mematikan ini bisa dihentikan.