Enam Bandara PT Angkasa Pura 1 Merugi Foto: berbagai sumber

Enam Bandara PT Angkasa Pura 1 Merugi

PinkKorset.com, Jakarta – Sebanyak enam dari 13 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) sepanjang 2013 mengalami rugi. Penyebabnya adalah trafic/lalu lintas penerbangan yang rendah.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Tommy Soetomo mengatakan, enam bandara yang mengalami kerugian tersebut terbanyak berada di wilayah Indonesia timur dan satu di Jawa Tengah.

“Yang merugi itu bandara Lombok, Biak, Kupang, Ambon, Manado dan Surakarta/Solo. Itu posisi traficnya rendah, karena supply dan demandnya tidak merata,” katanya, Jumat (3/1/2014).

Meski merugi, Tommy optimisitis akan ada perubahan. Untuk perbaikan, perseroan melakukan peningkatan jumlah penerbangan dari bandara-bandara tersebut. “Marketing tetap kita lakukan, misalnya di Lombok kami buat penerbangan empat kali dalam seminggu,” katanya

Adapun 13 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I saat ini adalah Bandara Ngurah Rai (Bali), Juanda (Surabaya), Sultan Hasannuddin (Makasar), Sepinggan (Balikpapan), Frans Kaisiepo (Biak), Sam Ratulangi (Manado), Syamsudin Noor (Banjarmasin), Ahmad Yani (Semarang), Adisutjipto (Yogyakarta), Adi Soemarmo (Surakarta/Solo), Lombok (Praya), Pattimura (Ambon), serta El Tari (Kupang).