Enam Kebiasaan Buruk yang Bikin ‘Bodoh’ FOTO: google

Enam Kebiasaan Buruk yang Bikin ‘Bodoh’

PinkKorset.com – Percaya atau tidak, ada beberapa kebiasaan yang bisa mengurangi intelektualitas seseorang. Tak hanya itu, anda juga bakal mengalami kemunduran dan sulit mencapai keinginan. Apa saja?

1. Kreasi dan Evaluasi

Tak mungkin maju dan mundur atau naik dan turun dilakukan bebarengan. Demikian pula cara pikiran anda bekerja. Saat anda sedang menciptakan sesuatu sambil mengevaluasinya, merampungkan proyek itu bakal sulit. Pikirkan dulu apa yang hendak anca ciptakan dan mulai evaluasi setelah usai.

2. Berpikir Anda Pakarnya

Sindrom pakar ini juga salah satu kebiasaan buruk yang membunuh intelektualitas. Saat sudah merasa ahli, seseorang berhenti belajar. Mereka tak lagi menjadi rendah hati untuk mendengarkan atau maupun belajar dari pengalaman orang lain, sehingga tak dianggap menyebalkan. Ketahuilah bahwa anda bisa belajar dari siapa saja.

3. Takut

Jika selalu takat gagal, maka anda takkan mencoba sesuatu yang baru. Memang, gagal bisa terjadi jika anda tak memiliki pengalaman. Tapi anda akan belajar dan melakukannya dengan lebih baik.

4. Kurang Percaya Diri

Rasa takut berujung pada kurang percaya diri. Jika selalu yakin anda akan membuat kekacauan, maka kepercayaan diri akan menurun. Anda takkan belajar dan berkembang. Percayalah pada diri sendiri, meski melakukan sesuatu yang salah. Jadikan pelajaran untuk terus maju.

5.Buat Batasan

Kita membuat batasan dalam hampir segala hal, misalnya finansial. Namun jika batasan itu salah, kepintaran dan kemampuan belajar akan menurun. Jika anda meletakkan penghalang, maka anda takkan mencoba sesuatu yang baru dan pada akhirnya intelektualitas anda akan terbunuh. Singkirkan penghalang yang tak penting!

6. Alkohol

Beberapa orang menikmati minuman beralkohol. Perlu diketahui, intelektualitas dan kemampuan anda memahami sesuatu akan berkurang. Alkohol dan narkoba akan membatasi kemampuan sel otak, membuat anda sulit mempelajari hal baru. Belum lagi efek buruknya terhadap kesehatan anda.