Enam Manfaat Serat Bagi Tubuh Foto: Shreya

Enam Manfaat Serat Bagi Tubuh

PinkKorset.comKonsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dapat memenuhi kebutuhan serat yang amat penting. Apa saja manfaat serat?

Mengurangi Lemak Perut

Serat membantu mencerna makanan di tubuh. Serat larut khususnya, mampu mengurangi pembentukan lemak-lemak di dalam perut yang mengendap akibat pencernaan yang tidak berjalan secara maksimal.

Mengendalikan Kolesterol

Gandum, kacang dan sumber-sumber lain dari serat larut membantu mengurangi kolesterol LDL yang dapat beresiko pada penyakit jantung.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Serat mampu menurunkan tekanan darah dan peradangan.

Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Serat di biji-bijian bekerja lebih keras daripada serat di buah-buahan dan sayuran sehingga dapat lebih memperlambat penyerapan gula dan memudahkan insulin untuk melakukan tugasnya.

Mengurangi Risiko Kanker

Dalam penelitian konsumsi serat pada 35.972 perempuan, ditemukan bahwa diet kaya serat dari gandum utuh dan buah membuat perempuan premenopause memiliki perlindungan yang lebih signifikan dari penyakit kanker.

Menurunkan Berat Badan

Satu penjelasan. Makanan tinggi serat memiliki waktu lama untuk dikunyah dan dicerna sehingga memberikan tubuh untuk mengirim sinyal ‘kenyang’ ke otak sebelum merasa kenyang.

Makanan ini juga cenderung menempati ruang di perut, sehingga Anda cenderung untuk tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.