Enggan Bercinta Usai Melahirkan, Kenapa? [news]

Enggan Bercinta Usai Melahirkan, Kenapa?

PinkKorset.com – Banyak perempuan yang enggan bercinta setidaknya 6 bulan usai melahirkan. Kenapa?

Sebuah survei yang dilakukan British Pregnancy Advisory Service (BPAS) menunjukkan bahwa sejumlah perempuan malas berhubungan intim usai melahirkan.

Mereka rata-rata butuh waktu enam bulan untuk bisa kembali bercinta dengan pasangannya.

Bahkan sebanyak 13% atau satu dari delapan orang ibu baru mengaku benar-benar menghindar aktivitas seksual, hingga mereka benar-benar siap untuk melakukannya kembali.

Alasan yang diungkapkan cukup beragam.

Sebagian besar menolak hubungan intim karena masih merasa nyeri dan kelelahan. Sedangkan hampir separuh responden yakni 45% mengaku tidak nyaman dengan tubuh mereka setelah melahirkan.

“Kendala utama yang menghentikan keinginan perempuan untuk bercinta adalah rasa nyeri dan kelelahan. Tapi, ada juga yang enggan melakukannya karena cemas terhadap citra tubuhnya,” kata Director of External Affairs BPAS, Clare Murphy.

Kendati demikian, Clare menyarankan para suami untuk tidak putus asa. Mereka dianjurkan mendukung kondisi ibu baru yang sedang beradaptasi dengan kadatangan bayinya.

Para lelaki ini pun bisa kembali merangsang pasangannya dengan cara-cara yang inovatif, salah satunya foreplay. “Kebutuhan kesehatan seksual dari seorang ibu baru sangatlah beragam, dan kita perlu menemukan cara-cara inovatif untuk mendukung mereka,” ujarnya.