Gagal Wujudkan Resolusi Tahun Baru? Foto: Google

Gagal Wujudkan Resolusi Tahun Baru?

PinkKorset.com – Siapapun bisa membuat resolusi di Tahun Baru, mengingat memang begitu ‘trennya’. Tapi biasanya, hal itu tak berjalan sesuai rencana.

Banyak yang mengawali momen Tahun Baru dengan menuliskan daftar resolusi. Banyak yang tercapai, namun banyak pula yang menyerah sebelum mewujudkannya.

Menurut penelitian Journal of Clinical Psychology, mereka yang membuat resolusi memiliki kecenderungan lebih dari sepuluh kali lipat untuk mengubah kehidupannya sesuai dengan resolusi tersebut.

Namun, penelitian lain dari jurnal itu menyebutkan, 54% orang menyerah mencapai resolusi hanya dalam rentang waktu enam bulan. Hanya 8% yang mampu mencapai resolusinya di akhir tahun.

Ada dua faktor penyebab kegagalan resolusi. Anda kemungkinan membuat resolusi tapi tak tahu bagaimana harus memulainya. Bisa pula, Anda membuat terlalu banyak resolusi sehingga bingung mana yang harus dikerjakan dahulu. Lalu bagaimana mengatasinya?

Lakukan Satu Persatu

Fokus pada resolusi satu persatu. Tak perlu banyak, lebih baik sedikit tapi Anda mampu melakukannya. Dengan begitu, resolusi yang anda buat jauh lebih efektif ketimbang banyak tapi tak mampu mengerjakannya. Sebab, Anda mungkin punya tenggat waktu untuk mencapainya.

Jadikan Kebiasaan

Membuat resolusi berarti menggantikan atau mengubah hal-hal lama dengan hal-hal baru. Misalnya, ingin lebih rajin berolahraga atau mengurangi bobot tubuh hingga mencapai berat ideal.

Buatlah jadwal dan displin menjalankannya dengan teratur. Anda akan terbiasa dan terbit menjalankan resolusi tersebut. Terapkan hal ini dengan resolusi-resolusi lainnya.

Berlatih Setiap Hari

Lakukan resolusi yang memang merupakan bagian dari kegiatan sehari-hari. Seperti berusaha untuk menghentikan kebiasaan merokok. Anda bisa melatihnya setiap hari, meski sulit. Hasilnya akan muncul sedikit demi sedikit.