Gaji Bos Media pun Melesat Foto: economist

Gaji Bos Media pun Melesat

PinkKorset.com, New York  – Tidak hanya perusahaan teknologi, industri media pun semakin memanjakan para petingginya. Lihat saja gaji yang diterima mereka per 2013.

Jaringan TV paling banyak ditonton di Amerika Serikat, CBS Corporation misalnya, menggaji Leslie Moonves sebesar US$66,9 juta pada 2013.

Angka ini mendekati Larry Ellison, bos dan pendiri Oracle Corporation, yang mendapatkan US$78,4 juta dan menduduki posisi sebagai CEO dengan bayaran tertinggi di Amerika Serikat.

Total  kompensasi yang diterima Moonves selama tiga tahun, hampir mencapai US$200 juta, sementara Chairman CBS, Sumner Redstone, menerima US$109 juta dalam periode yang sama.

Februari kemarin, dewan CBS juga menaikkan bonus Moonves berupa saham terbesar menjadi US$11 juta dari US$1,5 juta per tahun, dan kemungkinan juga bakal meningkatkan kompensasinya pada 2014.

“Ini merupakan tahun kelima berturut-turut kinerja perusahaan mampu melampaui S&P 500 dengan signifikan, termasuk periode saat harga saham CBS menguat lebih dari 20 kali,” ujar juru bicara CBS, Dana McClintock, menurut Bloomberg, Senin (14/4/2014).

Standard & Poor’s 500 Index menilai, bayaran CBS, merupakan salah satu yang tertinggi pada 2013. Hal ini menunjukkan industri media massa makin memanjakan para eksekutifnya.

Sementara di antara 15 perusahaan yang masuk sektor S&P 500 Media Index, saham CBS menjadi yang terbaik dengan kenaikan 68% pada 2013. Perusahaan yang berbasis di New York itu juga terus memimpin dalam tiga tahun terakhir dengan kenaikan lebih dari tiga kali lipat.

Sumner Redstone, yang memimpin CBS dan Viacom Inc mengatakan, retensi menjadi dasar pertimbangan bayaran yang diperoleh para eksekutifnya. CBS bercermin pada bayaran yang ditawarkan para pesaingnya, seperti Time Warner Inc dan Walt Disney Company.

Posisi kedua tertinggi di industri media CEO Viacom ditempati Philippe Dauman, dengan total bayaran US$37,2 juta. “Kami bersaing untuk mendapatkan eksekutif berbakat di industri yang sebagian besar didasarkan pada kompensasi tinggi di pasar New York dan Los Angeles,” kata Viacom.

Sementara Robert Iger, Chairman dan CEO Walt Disney, menempati posisi ketiga dengan bayaran US$34,3 juta. Adapun David Zaslav, yang menahkodai Discovery Communications Inc, menerima US$33,3 juta dan berada di posisi keempat.

Selanjutnya adalah Comcast Corporation, TV kabel terbesar di Amerika Serikat, yang memberikan kompensasi senilai US$31,4 juta untuk Chairman dan CEO Brian Roberts. Lalu Steve Burke, yang mengelola divisi NBCUniversal, mengantongi bayaran US$31,1 juta.