Gemar Memotret Lemahkan Ingatan? [shuttershock]

Gemar Memotret Lemahkan Ingatan?

PinkKorset.com – Generasi smartphone hobinya jepret sana-sini. Hati-hati, ingatan Anda bakal melemah? Masa sih?

Memang, tujuan awal mengabadikan momen melalui jepretan kamera adalah membantu Anda mengingatnya. Namun, riset seorang psikolog di Universitas Fairfield, Linda Henkel, menemukan hasil yang berlawanan.

Henkel menemukan, makin banyak momen atau obyek yang dipotret, justru Anda lebih sedikit mengingat detil-detil obyek atau momen tersebut dibandingkan mereka yang hanya melihat dan memperhatikan.

“Misalnya posisi tangan sebuah patung atau apa yang ada di atas kepala oatung tersebut,” ujarnya.

Logikanya, orang yang melihat secara langsung mengandalkan seluruh indera dan menyimpannya dalam ingatan. Sedangkan yang memotret, cenderung melihatnya sepintas dan menggunakan foto tersebut untuk membantu mengingat.

Sebab itulah tak ada salahnya Anda sesekali meletakkan gadget dan menikmati sekeliling dengan indera sendiri. Saat mengandalkan indera, ingatan akan berubah sesuai detil dan cara memandang.

“Ingatan manusia sebenarnya lebih dinamis dibandingkan kemampuan yang dimiliki sebuah foto,” ucapnya.

Seorang sineas bernama Gary Turk mengamini kesimpulan Henkel. Melalui sebuah video berdurasi empat menit 59 detik, Look Up, ia menyarankan Anda lebih memedulikan lingkungan ketimbang gadget.

Turk memberi visualisasi apa yang bisa terjadi saat Anda mau meletakkan gadget dan memperhatikan lingkungan sekitar. Misalnya kisah cinta sepasang muda-mudi dalam video itu.

Berikut video bikinan Turk yang sudah mendapat hampir 40 juta hit. Semoga Anda memetik manfaatnya, Pinkers!