Gitaris Arkarna Akhirnya Ketemu Jokowi [tribun]

Gitaris Arkarna Akhirnya Ketemu Jokowi

PinkKorset.com, Jakarta – Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) tampaknya sangat senang. Pasalnya, ia kedatangan tamu spesial, yakni Matt Hart, gitaris grup band Inggris Arkarna.

Ya. Matt datang ke Indonesia karena ingin memberikan selamat kepada Jokowi yang terpilih sebagai presiden Indonesia.

“Kemenangan Jokowi bukan hal yang mengejutkan. Semua juga tahu kami mendukung kampanyenya. Jadi, rasanya saya harus ke sini untuk bertemu langsung,” katanya setelah bertemu Jokowi di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (6/8/2014) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Matt membahas strategi memajukan industri musik di Indonesia. Setidaknya ada tiga hal yang harus disiapkan pemerintah jika ingin mengembangkan industri kreatif, terutama di bidang musik.

Salah satunya adalah penegakan hukum, terutama yang berkaitan dengan pembajakan.

Selain itu, pemerintah harus memperbaiki infrastruktur agar industri musik berkembang pesat. Yakni dengan memperbanyak gedung pertunjukan musik yang lebih representatif.

“Langkah berikutnya adalah regulasi insentif dari pemerintah. Misalnya, artis menghasilkan album, maka diberi insentif,” kata Jokowi.

Kedekatan Arkarna dengan Jokowi terlihat sejak tahun lalu. Ketika grup band musik alternatif rock itu menggelar konser di Jakarta, Jokowi mendapat kesempatan tampil di atas panggung. Mereka pun berkolaborasi menyanyikan lagu karya Benyamin Sueb berjudul Nonton Bioskop.

Sebelum ke Indonesia, Matt mengaku menghubungi gitaris Slank Abdee Negara. “Saya menunggu sekitar satu tahun untuk datang ke sini. Saya pikir ini membayar pengetahuan untuk musik. Musik adalah bahasa yang tidak hanya membawa kita untuk satu negara, tapi juga bisa dibawa ke mana-mana,” ujar Matt

Meski kedatangannya di Jakarta dua hari lalu diwarnai insiden kehilangan paspor, ia mengaku tidak terlalu mengambil pusing dengan hal tersebut. Lewat akun Twitter, Matt mengaku nyaman berada di Indonesia. Dia merasa seperti di negara sendiri.

Matt berencana berada di Indonesia tiga minggu. Dia akan menghabiskan waktu dengan berlibur di Bali. Saat konser Arkarna di Jakarta dan Bali beberapa waktu lalu, Matt tidak bisa ikut ke Bali karena kakinya patah setelah kecelakaan.