Gletser di Antartika Barat Akan Tenggelam ke Laut! Lapisan es di area Thwaites, Antartika, Oktober 2012 [NASA]

Gletser di Antartika Barat Akan Tenggelam ke Laut!

PinkKorset.com – Para ilmuwan memperingatkan terjadinya pencairan gletser di Antartika dengan kecepatan melebihi estimasi.

Berdasarkan penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Geophysical Research Letters-American Geophysical Union Mei lalu, pencairan es masif di wilayah Antartika Barat sudah dimulai, dengan kecepatan melebihi perkiraan.

Bongkahan gletser seluas sekitar 3,2 kilometer tersebut semula diperkirakan bisa bertahan dan tetap stabil hingga ribuan tahun ke depan. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem glasial utama pada area ini sedang mengalami keruntuhan.

“Pencairan pesat di lapisan es Antartika Barat itu tampaknya sudah tidak dapat diubah. Bagian yang tengah mencair akan tenggelam ke dalam laut,” demikian pernyataan dari peneliti gabungan University of California, Irvine dan NASA tersebut.

Pencairan yang terus menerus ini pun mengancam lenyapnya sebuah gletser, Thwaites. Bila gletser ini lenyap, besar kemungkinan seluruh sistem glasial menghadapi ancaman yang sama, berangsur tenggelam. Sebab, dampak pecahnya satu bagian gletser seperti Thwaites ini mirip proses kegagalan mekanis.

Adapun efek pencairan gletser dipastikan signifikan terhadap kenaikan permukaan laut di seluruh dunia.

Berdasarkan temuan ini, para illmuwan memperkirakan, kenaikan permukaan laut global perlu disesuaikan. Prediksi penelitian sebelumnya, pencairan seluruh gletser Antartika Barat, dapat menaikkan permukaan laut hingga 3,3 meter.