Google Beli Perusahaan Satelit [st]

Google Beli Perusahaan Satelit

PinkKorset.com – Raksasa search engine, Google Inc., membeli perusahaan satelit, Skybox Imaging, seharga US$500 juta. Untuk apa?

Google membayar tunai harga tersebut dan menjadikannya akuisisi besar kedua mereka, tahun ini. Skybox, kata Google, akan menyediakan citra-citra online untuk layanan pemetaan.

Akuisisi perusahaan yang baru berusia lima tahun ini terjadi di tengah persaingan Google dan Facebook Inc. untuk merambah dunia satelit dan pesawat tak berawak (drone), sebagai langkah ekspansi perusahaan.

Skybox berpengalaman membangun satelit yang dipenuhi sensor dan kamera, menangkap foto dan video Bumi beresolusi tinggi, tapi lebih kecil dan ringan ketimbang satelit biasa.

April lalu, Google mengakuisisi Titan Aerospace, perusahaan yang memproduksi drone bertenaga surya. Tak disebutkan berapa banyak yang Google bayar.

Sementara Facebook, telah mengumumkan proyek Connectivity Lab yang bertugas mengembangkan teknologi satelit dan drone untuk menembakkan konektivitas internet bagi mereka yang sulit mendapatkannya.